PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT
Keywords:
Think-Pair-Share, Komunikasi Matematis Siswa, Ketuntasan Klasikal.Abstract
Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh keterampilan pendidik untuk memakai model pembelajaran yang dapat mengacu siswa agar lebih aktif dengan pemberian fasilitas yang mampu menunjang peningkatan komunikasi matematis siswa. Maka dari itu dibutuhkan konsep pembelajaran yang memicu perkembangan komunikasi matematis siswa. Think-Pair-Share (TPS) adalah pembelajaran kolaboratif yang dibentuk guna mengarahkan bentuk interaksi siswa. Dari tes yang dilakukan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang digunakan bisa membantu ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas IX SMP Negeri 2 Kampung Rakyat tahun ajaran 2022/2023. Didasari kondisi awal sebanyak 11 siswa (34,3 persen) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 50,3. Pada siklus I, terjadi penurunan terhadap ketuntasan siswa dari 34,3 persen menjadi 8 siswa (25 persen) dengan rata-rata kelas mengalami penurunan dalam kategori menurun -0,39 menjadi 37,3. Pada siklus II, keterampilan komunikasi matematis siswa meningkat dengan signifikan, dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa (87,5 persen) dengan kenaikan rata-rata kelas mengalami peningkatan kategori sedang sebesar 0,63 menjadi 80,3. Dengan secara keseluruhan (dari kondisi awal sampai siklus II), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar meningkat dengan kategori peningkatan sedang yaitu 0,43.
References
D. Hillmayr, L. Ziernwald, F. Reinhold, S.I. Hofer, and K.M. Reiss. 2020. The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Comput.: Educ.
Dalimunthe, S.A Sari, Mulyono, dan E. Syahputra. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. vol 6 (1). 735-747.
Dania, Rama dan Elfia Sukma. 2020. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. vol 4 (3). 2624-2636.
Darmaningtyas.(2015). Pendidikan yang memiskinkan (edisirevisi). Yogyakarta: Intrans Publishing.
Dharma, I.D.P.P.W, E. Pudjiastuti, dan M. Harianja. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemmapuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. 239-246.
Imelda. (2012).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share denganMedia Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman matematik Siswa.Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Medan.
Majerek, D. 2014. Application of Geogebra for Teaching Mathematics.Advances In Science and Technology Research Journal. Vol 8 ( 24): pp 51-54.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: USA.
N.M. Alqudah, H.M. Jammal, O. Saleh, Y. Khader, N.Obeidat, and J. Alqudah. 2020. Perception and Experience of Academic Jordanian Ophthalmologists with E-Learning for undergraduate course during the COVID-19 Pandemic.Comput.: Educ.
Prayitno,S., Suwarsono, dan Tatag. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
Ratnasari, Diyah Ayu. 2016. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas X pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear.Skripsi. Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Program Studi Pendidikan Matematika.
Shoimin, A. 2014. Model-Model Pembelajara Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Syafi’i, Ahmad, dkk. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2).
Syarifuddin, dkk .(2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik.(2015).Dasar Metodologi Peneliitian.. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Wahyuni, E. Tri, S. Hendryawan, A. Nasrulloh dan T.Y. Wachyar. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. vol 3 (2). 125-136.