PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2648Keywords:
Penelitian Pengembangan; Modul Matematika Siswa; Model PBM; Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Matematika siswa berbasis model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain 4-D (Four-D) dengan mempertimbangkan kriteria kualitas produk Nieveen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil dari proses pengembangan Modul Matematika Siswa ini adalah Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung termasuk dalam kategori valid, kriteria kepraktisan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori tinggi, kriteria keefektifan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung berdasarkan pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu mencapai 87,5%, banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai.
References
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.
Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66 (64).
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar.
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Grasindo.
Nasution, T. K. 2017. An Analysis of Student’s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry. IJARIIE – ISSN(O) – 2395-4396. Vol – 3 Issue – 2 2017, pp; 3860-3866.
Nieveen, N. 2007. Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Ploomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R. M; & Van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah. 2013. Jakarta : menteri pendidikan kebudayaan.
Purba, E. P. 2017. Analysis of the Difficulties of the Mathematical Creative Thingking Process in the Application of Problem Based Learning Model. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 104, pp: 256-268.
Santrock, W.2007 . Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Saragih, S. & Winmery L. Habeahan 2014. The Improving of Problem Solving Ability and Students Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. IISTE Journal of Education and Practice
Simanullang, M. C. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Triarkis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Sutomo 1 Medan. Tesis. Medan : PPs UNIMED.
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Desertasi. Surabaya: PPs UNESA
Sudjana. N. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Posda Karya.
Suhendro. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Di MTs Sinar Islami Bingai. Tesis. Medan: PPs UNIMED.
Thiagarajan, S. Semmel, D. S. & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.