ANALISIS HASIL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Nenchi Bertina Gurky
Pardomuan N.J.M. Sinambela

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan menganalisis proses penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang dipakai yaitu studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder karena adanya keterbatasan dalam menemukan data primer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam kualitas sedang dan ada model pembelajaran yang juga memiliki kesamaan seperti problem centered learning, kedua model pembelajaran mendapatkan respon yang baik. Proses penerapan model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang positif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini telah  terlaksana dengan baik jika ditinjau secara keseluruhan tanpa memandang status level sekolah maupun status Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa. Namun jika siswa dikelompokkan menjadi beberapa kategori yaitu siswa KAM tinggi, siswa KAM sedang, dan siswa KAM rendah maka akan terlihat bahwa model pembelajaran problem based learning kurang terlaksana dengan baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa KAM rendah dan hanya sebagian pada siswa KAM sedang. Penerapan problem based learning harus dilakukan dalam pembagian kelompok yang heterogen dan pembelajaran yang berpusat pada aktifitas siswa.

Article Details

How to Cite
Bertina Gurky, N. ., & N.J.M. Sinambela, P. . (2022). ANALISIS HASIL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1584–1600. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2298
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2018). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Allo, D. P., Sudia, M., Kadir, & Hasnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-30.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartono, Y. (2014). Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradigma, 6(2), 130-141.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Buku Referensi Wajib Mahasiswa Pendidikan Matematika. Medan: Perdana Publishing.

Hudjojo. (2016). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Husna, N. R., & Veronica, R. B. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Self Regulation Siswa. Prisma, 2, 556-562.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Miles, M., & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: nctm.org.

NCTM. (2019). Annual Program Book. San Diego: CA.

Polya, G. (1973). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Putri, R. S., Suryani, M., & Putri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa, 8(2), 331-340.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. Numerical, 3(1), 9-18.

Rizka, E., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Lintas Variabel. Jurnal Edumatica, 2, 119-202.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, 5(1), 15-18.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mosharafa, 5(2), 148-158.

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu; Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulva, E., Maimunah, & Murni, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia, 4(2), 1230-1238.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1), 51-62.

Yustianingsih, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal JNPM, 1(2), 258-274.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.