STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Apriyanti Kristina Br Marpaung
Sahat Saragih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berdasarkan beberapa studi literatur dan untuk mengetahui proses jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berdasarkan beberapa studi literatur. Penelitian ini adalah riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal yang relavan dengan topik pembahasan yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan siswa di tuntut untuk menemukan sesuatu dalam memecahkan suatu permasalahan, jadi dalam proses penemuan tersebut siswa akan mengembangkan ide-ide kreatif yang ada, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Dalam model pembelajaran discovery learning terdapat enam proses yakni : stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization dengan masing-masing tahapan memiliki peran pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Proses jawaban dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran discovery learning dari beberapa literatur menunjukkan ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih lengkap daripada pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Br Marpaung, A. K. ., & Saragih, S. . (2022). STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 155–160. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2650
Section
Articles

References

Arili, Neza Zakiya & Jazwinarti. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(4): 88-95.

Arohman, Bayu, dkk. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Kendari, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1): 1-14

Handajani, Budi. (2020). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Indramayu: Penerbit Adab

Hendri, Sherlyane & Ary Kiswanto Kenedi. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. JIP, 8(2): 10-24.

Jana, Padrul & Amirul Anisa Nur Fahmawati. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1): 213-220.

Irsal, Irni Latifa. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Academic Journal of Math, 2(1): 49-68.

Nur, Fitriani, dkk. (2020). Effectiveness Of Discovery Learning Model On Students' Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(2) : 125-139.

Pramaeda, Tunjung Dyah Ovi & Siska Candra Ningsih. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1): 116-130.

Rahmiati, dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2): 267 – 672.

Septiani, Rizka Dwi, dkk. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(1): 14-25.

Simare-mare, Ester, dkk. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 3(2): 64-68

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana