PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL

Authors

  • Ike Ria Samosir Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2148

Keywords:

Pendekatan matematika realistik, peningkatan kemampuan berpikir kritis, berpikir Kritis Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sumbul yang berjumlah 32 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes kemampuan berpikir kritis matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 6 siswa (18,75%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 46,29 dengan tingkat kemampuan kategori tidak kritis. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 20 siswa (62,5%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 67,87 dengan tingkat kemampuan kategori kurang kritis. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh 28 siswa (87,5%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 85,25 dengan tingkat kemampuan kategori kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul.

References

Hadi, S. 2018. Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Rajawali Pers.

Hamzah, H. M. A dan Muhlisraini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. JurnalPendidikan Matematika. Volume 4 (2).

-------------. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan : Perdana Publishing

Hikayat, C., Suparman., Yahya, H. & Hery S. 2020. Design of Realistic Mathematics Education Approach Improve Critical Thinking Skills. Universal Journal of Educational Research. Volume 8 (6): 2243.

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Volume 1 (1): 21-32.

Nurmalita, R.A dan Nyoto Hardjono. 2020. Efektivitas Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 2 (1): 47-53.

Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abas Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Volume 13(1): 2239-2253.

Tirka, W dan Ni Made, K. 2017. Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education. Volume 1(1): 86-95.

Sudrajat Aulia. 2021. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII Madrasyah Tsanawiyah Muhammadiyah 8 Siabu. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6774/

Extended-Overtime-on-ConstructionProjects.pdf, diunduh pada 1 Juni 2022.

Ernala, Andri. 2018. Analisis Perbandingan Produktivitas Kerja Normal dan Lembur (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Apartemen The Wahid Residences, (Skripsi). Universitas Sumatera Utara

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Kontruksi Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Firohmatillah, A. R., & Arisena, A. (2021). Potensi Penyerapan Tenaga Kerja di Koperasi Jawa Barat Tahun 2020 Menggunakan Structural Equation Model. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 131–142.

Ghate, P. R., More, A. B., & Minde, P. R. (2016). Importance of measurement of labour productivity in construction. International Journal of Research in Engineering and Technology, 5(7), 413–417.

Gunawan A. & Setyawan A. (2022). Analisis Produktivitas Hasil Pekerjaan Konstruksi Antara Kerja Normal dan Kerja Lembur. Surakarta Civil Engineering Review, Vol 2 No 1. Surakarta

Hanna, A. S., Taylor, C. S., & Sullivan, K. T. (2005). Impact of extended overtime on construction labor productivity. Journal of Construction Engineering and Management, 131(6), 734–739.

Hasanah N. & Hidayat B. (2017). Analisis Produktivitas Tukang Pada Proyek Konstruksi Antara Jam Kerja Normal Dengan Jam Kerja Lembur Di Kota Padang. 4th ACE Conference. Padang, Sumatera Barat

Intergraph Corporation. (2012). Factors Affecting Construction Labor Productivity, Managing Efficiency in Work Planning.

Karim, N. A., Hassan, S., Yunus, J., & Hashim, M. (2013). Factors influence labour productivity and the impacts on construction industry. Caspian Journal of Applied Sciences Research, 2, 349–354

Lenggogeni MT. (2016). Dampak Lembur Terhadap Produktifitas Tenaga Kerja Konstruksi (Sebuah Studi Literatur). Menara: Jurnal Teknik Sipil.

Mei, Y. E. (2006). Extended Overtime and The Effect to Labour Productivity in Construction: Workers Perspective [Thesis]. Universiti Teknologi Malaysia

Melfianora. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Studi Litelatur, 1–3

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2014. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Inonesia Nomor KEP.102 /MEN/VI/2014. Jakarta.

Nurhadi, A. (2015). Perbandingan Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi pada Jam Kerja Reguler dan Jam Kerja Lembur pada Pembangunan Gedung Bertingkat di Surabaya. Rekayasa Teknik Sipil, 1(1/rekat/15)

Pamuji, 2008. Pengukuran Produktivitas Pekerja Sebagai Dasar Perhitungan Upah Kerja Pada Anggaran Biaya. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

Soekiman, A., Pribadi, K. S., Soemardi, B. W., & Wirahadikusumah, R. D. (2011). Factors relating to labor productivity affecting the project schedule performance in Indonesia. Procedia Engineering, 14, 865–873.

Sumarningsih, T. (2015). Pengaruh Kerja Lembur pada Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi. Media Komunikasi Teknik Sipil, [Online] Volume 20(1), pp. 63-69. Semarang

Thomas, Randolph. Effects of Scheduled Overtime on Labor Productivity. Jurnal Construction Engineering and Management, ASCE, vol. 118, 1992.

Thomas, Randolph dan Karl A. Raynar,. Scheduled Overtime and Labor Productivity : Quantitative Analysis. Jurnal Construction Engineering and Management, ASCE, vol. 123, 1997.

Ukkas, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2).

Umar, Husein. 1998. Riset Sumber Daya Manusia, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Wignjosoebroto, Sritomo. 2000, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu Teknik Analisis untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta : PT. Gunawidya

White, M. (1987). Working hours: Assessing the potential for reduction. International Labour Organisation.

Wijaya W. (2018) Pengaruh Kerja Lembur (Overtime) Terhadap Produktivitas Kerja Konstruksi Pada Rumah Susun Sukaramai, (Skripsi). Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Samosir, I. R. ., & Hasratuddin, H. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1356–1364. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2148