PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN

Main Article Content

Aurelia Desi Natalia Siregar
Hasratuddin Hasratuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan uji Anava Dua Jalur (Two Ways Anova). Penelitian dilaksanakan selama 4 kali termasuk dengan pretes dan postes. Nilai  pretes kelas eksperimen adalah 46,148 dan pada postes meningkat menjadi 80,242 dengan peningkatan 73,8%. Sedangkan nilai pretes siswa di kelas kontrol adalah 45,252 dan nilai postes menjadi 68,26 dengan peningkatan 50,8%. Pada analisis uji Anava dua arah menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemamp uan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan kelas kontrol, dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Siregar, A. D. N. ., & Hasratuddin, H. (2022). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1482–1493. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2171
Section
Articles

References

Amir, Z. (2013). Pespektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan, Agama Dan Gender. Vol (12)(1).

Cahyono. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol (5)(1)

Dorisno. (2019). Hubungan Gender Dengan Kemampuan Pemecahan Matematika. Jurnal PGMI. Vol (9)(1).

Fahradina. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika. Vol (1)(1).

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc. Edira.

Khotimah, H. & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol (4). No (3).

Lisa. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemechan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Al-Gurfah : Journal of Primary Education. Vol (1)(1).

Netriwati. & Lena, S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Permata Net.

Suharsimi. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aneka Cipta.

Sumaryanta. (2018). Penilaian Hots Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education. 8(8).

Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuni, D., Masykur, R. & Pratiwi, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA. Vol (8). No (1).

Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta:Graha Ilmu.