ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK
Keywords:
Pendekatan Realistik, Kesulitan Belajar Matematika, Eksperimen, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran pendekatan realistik dengan pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui kesalahan yang dominan dilakukan oleh siswa melalui pendekatan realistik. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel yang digunakan 22 siswa kelas VII-B dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 5 soal berbentuk uraian. Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,190 > 2,018) ,maka H0 ditolak. Sehingga hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau melalui pembelajaran pendekatan realistik lebih tinggi dibanding pembelajaran biasa. Dari hasil persentase rata-rata pada kategori kesulitan, didapat bahwa pada kelas eksperimen persentase rata-rata kategori kesulitan konseptual sebesar 21%, pada kategori kesulitan prosedural sebesar 30% dan kesulitan teknik sebesar 34%. Dugaan faktor penyebab kesulitan teknik adalah ketidakpahaman siswa mengeni operasi hitung campuran.
References
Arifin, P., Trisna, B. N., dan Atsnan, M. F. 2017. Mengembangkan Self-Efficacy Matematika Melalui Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 27 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016-2017. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 93-104.
Astuti. 2018. Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 49-61.
Cahirati, P. E. P., Makur, A.P., dan Fedi, S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2),227-238.
Effendi, K. N. S., dan Farlina, E. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2): 130-137.
Fahrurrozi & Hamdi, S. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Fauziah, Sukarno & Sriyanto, M. I. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Sebelas Maret, 9(1) : 25-30.
Hasan, N. H., dan Upu, H. 2016. Development Of Mathematic Learning Quality Through The Implementation Of Problem Based Learning Model By Using Structured Scaffolding To Grade VIII-1 Student At SMPN 3 Makassar. Jurnal Daya Matematika, 4(3): 366-379.
Irvandi, W. 2020. Penanaman Konsep Matematika Pada Mata Kuliah Statistika Matematika 1 Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(2) :93-105.
Mauliandri, R dan Kartini. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2): 107-123.
Mirati, L. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(10): 25-40.
Permatasari, B.A.D, Setiawan, T.B, & Kristiana, A.I. 2015. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Jurnal Kadikma, 6(2) : 119-130.
Rismaratri, D. dan Nuryadi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2): 1-8.
Rosdianah, Kartinah, dan Muhtarom. 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5): 120-132.
Siregar, H.S., dan Harahap, M. S. 2019. Efektivitas Kemampuan Repsesentasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Di SMA Negeri 1 Angkola Timur. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1): 7-18.
Sugiyamti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Edunomika, 2(1): 175-186.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: PT Alfabet.
Syakur, A. S., Purnamasari, R., dan Kurnia, D. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2): 84-89.
Taufik. A. 2016. Diagnosis Kesulitan Mhasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT,2(1) : 41-54.