ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Main Article Content

Christian Gabrielle Pinem
Sahat Sahat

Abstract

Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui menerapkan pendekatan Open-Ended ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang diajarkan melalui pendekatan Open-Ended terhadap siswa dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa pada penyelesaian soal-soal terkait melalui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkanya pendekatan Open-Ended. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data melalui tujuan dan kegunaan tertentu Dengan Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Studi pustaka ialah rangkaian kegiatan yang berkaitan melalui pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya, yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Teknik Analisis ialah serangkaian upaya sederhana tentang bagaimana data penelitian pada gilirannya dikembangkan dan diolah ke pada kerangka kerja sederhana. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan informasi, namun terlebih dahulu data tertulis diseleksi atas dasar reliabilitasnya. Hasil dari Penelitian yang dilakukan dengan Metode yang dijelaskan diatas ialah hasil analisis melalui beberapa literatur yang telah peneliti temukan, bisa disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hal ini bisa dilihat dari serangkaian aktivitas atau tahapan pendekatan Open-Ended yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif siswa.Tahapan tertulis meliputi orientasi masalah, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan. Sebab masing-masing tahapan pendekatan Open-Ended tertulis mengantongi dampak yang positif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, melalui demikian bisa juga dikatbakal bahwa serangkaian tahapan pendekatan Open-Ended efektif pada meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Pinem, C. G. ., & Sahat, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 339–344. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2857
Section
Articles

References

Alfabetsari, A. N., Wahyuni, R. and Rosmaiyadi, R. (2016) ‘Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), p. 20. doi: 10.26737/jpmi.v1i1.78.

Akbar, S., Kodirun and Busnawir. (2017). ‘Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMA’, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Aqib, Z and Murtadio, A.(2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Bandung : PT Sarana Turorial Nurani Sejahtera.

Arapu, L. L and Patih, T. (2013). ‘Penerapan Pendekatan Open-Ended Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP’ Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1).

Firdaus, As’ari, A.R and Qohar, A. (2016). ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Open Ended Pada Materi Spldv’, Jurnal Pendidikan, 1 (2).

Hamiyah, N. and M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hamzah, B. Dan Mohamad, N. 2015. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Pailkem. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Handayani, U. F., Sa’dijah, C. and Susanto, H. (2018) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi “PISA”’, Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), p. 143. doi: 10.29407/jmen.v4i2.12109.

Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc. Edira

Hidayat, P. W. and Abdulah (2018) ‘Pengaruh Pendekatan Ctl Dengan Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif’, 3(1).

Hidayat, P. W. and Widjajanti, D. B. (2018) ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal Open-Ended dengan Pendekatan CTL’, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), pp. 63–75. doi: 10.21831/pg.v13i1.21167.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar.

Kasri. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus’, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), p. 216. doi:10.30870/jpsd.v4i2.3856.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 020 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.