Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh

Main Article Content

Dina Valentina Feby Tri Hudayanti

Abstract

Pemanfaatan canva sebagai modul digital interaktif matematika digunakan untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh yang dilatar belakangi oleh kurangnya variasi penggunaan bahan ajar, terutama pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1. Modul digital interaktif dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang dilakukan dirumah secara mandiri, karena siswa mendapat feedback (skor) secara langsung setelah mengerjakan kuis online yang terdapat pada modul digital interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan langkah-langkah penyusunan modul digital interaktif matematika untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk menjelasakan canva. kemudian analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran penggunaan modul digital interaktif. Canva sangat efektif dan mudah digunakan sebagai modul digital interaktif, karena terdapat berbagai fitur yang menarik dan siap untuk dimanfaatkan. Oleh karena itu canva dapat dimanfaatkan sebagai modul digital inetarktif matematika untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh.

Article Details

How to Cite
Tri Hudayanti, D. V. F. . (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853–859. https://doi.org/10.32670/ht.v1i7.1705
Section
Articles

References

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapakan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK, 101.

Enterprise, J. (2021). Desain Grafis dengan Canva. Jakarta: PT. Gramedia .

Evi Sandri, E. M. (2021). Pengembangan E-Modul Bercirikan Etnomatematika Suku Simalungun Berbasis Hots pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 098167. Jurnal Sekolah, 79.

Indika Irkhamni, A. Z. (2021). Pemanfaatan Canva sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konfernsi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 134.

Kosasih. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, A. P. (2021, September 09). Retrieved from Contoh Kata Pengatar untuk Tugas, Makalah, Karya Ilmiah, dan Laporam: m.mediaindonesia.com

Nanda Safarati, R. F. (2020). PELATIHAN INOVASI PEMEBELAJARAN MENGHADAPI MASA PANDEMIC CID-19. Communnity Development Jurnal, Vol. 1 No. 3, 240-241.

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 79-96.

Sari, D. P., & Fiantika, F. R. (2018). Students Algebraic Thinking Processesin Mathematics Problem Solving at Low Mathematic Ability Student Basedon Quantitative Reasoning Ability. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 30.

Siahaya, A. (2020). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter. Jawa Barat: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).