PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMA

Authors

  • Kurnia Wasi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2512

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, Geogebra, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan software geogebra pada materi transformasi geometri. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan memiliki 5 tahap pengembangan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (evaluasi). Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Batang Kuis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak dipergunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat melalui hasil validasi materi dengan persentase kevalidan sebesar 95,6 % dan hasil validasi konstruk media dengan persentase 91,66 % untuk aspek konsistensi antara komponen-komponen media secara internal dengan kriteria “sangat valid”. Media yang dikembangkan juga praktis melalui hasil pengukuran kepraktisan dan memperoleh persentase 85,88 % oleh praktisi pembelajaran dengan kriteria “sangat praktis”. Media yang dikembangkan jiga efektif melalui hasil tes siswa diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 90 % dan persentase angket respon siswa terhadap media yaitu 96,57 %. dengan kategori “sangat efektif”. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif berbantuan software geogebra yang di kembangkan oleh peneliti valid,praktis dan efektif.

References

Aditya, P.T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika EL Komputasi. Vol 15(1): 67-74

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar, K. A. dan N. Iqbal. 2018. Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal. 2(2): 52-66.

Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal. 3(1): 35-43.

dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Djamarah, B.S & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Donni Juni Priansa. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, Cet. Ke . Bandung: CV Pustaka Setia

Endang Ayu Patrianingsih. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negeri 3 Takalar. UNM Journal of Biological Education. Vol. 1(1): Hal 33.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathemati dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic. 2(3): 148-153.

Fahyuni, E.F dan Nurdiyansyah . (2016). Inovasi Model Pebelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Fauzan, F. A. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tengah Dampak Penyakit Virus Corona 19 Bagi Pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93–102.

Firmadani,F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional: Universitas Tidar. Hal 94

Ginting, E.Y., Holiwarni, B., & Erviyenni. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Core Pada Materi Kesetimbangan Ion dan PH Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(2): 95-102.

Hanafi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Online Menggunakan Moodle Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.

Harahap, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Yayasan

Perguruan Al-Hidayah Medan T.A 2016/2017. Skripsi. FMIPA. UNIMED,

Medan

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Cet.Ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia

Iftakhar, S. 2016. Google Classroom:What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences. 3: 12-18.

Isnaini. (2011). Media Pembelajaran. Modul Bahan Ajar. Palembang : Universitas Sriwijaya

Khairani, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP. Thesis. Medan: Pascasarjana UNIMED.

Lastioma, Sinaga. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Medan : Universitas Negeri Medan

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science And Math Education. LPM UNY Yogyakarta Indonesia.

Maulani Dan Zanthy. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Jurnal Gammath. Volume 5 (1). Hal 25

Meyta Dwi Kurniasih, I. H. (2017). Tangkas Geometri Transformasi.Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Mimbadri, Y., Suharto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Integral Luas Daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 121-130

Munir, M. (2013). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muslihah, Eneng. (2014) Metode dan Strategi Pembelajaran. Ciputat: Haja Mandiri.

Nasution. (2014). Berbagai Pendekata Dalam Prose Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Netty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif. Vol 6.(1): 42-44

Nieveen, N. & Folmer, E. (2013). Formative Evaluation in Educational Design Research. Educational Design Research. Part A: An Introduction. Netherland Institute for Curriculum Development (SLO).

Nieveen, N., et al. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Novianita, Sara. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Universitas Negeri Medan

Pradana, D. B. P., dan R. Harimurti. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu. 2(1): 59-67.

Purnamasari,N.L. (2018). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pena SD. Vol 05 (01) : 25

Rahmatudin, J., & Lusiyana, D. (2022) dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2000). Manajemen Kurikulum. Bandung: SPS UPI.

Rusman. dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Rustandi, A dan Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom. Vol 11(2): 57-60

Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta :Kencana Prenada Media Group

Setyosari, H. Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Siregar. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Siswono, T., Y., E., (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan; Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rustina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta

Suryawan, P. P & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Prisma. Vol. 9(1) :108

Sutarti, T. & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisna, Deden. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 13(2): 76-77

Suuga.dkk. (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.9(3): 607-608

Uno, B, Hamzah dan Nina, Lamatenggo. (2010). Teknologi Komunikasi dan informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Nirfan Abdul & Dafik. Fatahillah. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jember: UNEJ.

Walid, Ismail. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pada Materi Geometri Kelas Xi Mia Sma Negeri 3 Takalar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar

Wirapathi, A., Candiasa, M., & Suryawan, P. (2018). The Development of Transformation Geometry Learning Medium with Scientific Approach As Effort to Improve the Understanding Concept Skill. Journal of Education Technology, 2(2), 76.

Yasmin, Novita. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbasis Geogebra Pada Materi Kubus Di Sma Muhammadiyah 01 Medan T/A 2019/2020. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Wasi, K. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1897–1906. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2512