PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Article Content

Milka Ekklesia Simanjuntak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat kejenuhan belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Peneliti memilih kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kejenuhan belajar matematika siswa berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata kejenuhan belajar matematika siswa sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 55,40 dan 53,41, dimana tingkat kejenuhan belajar matematika siswa sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dikategori sedang. (2) Nilai rata-rata kejenuhan belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 40,95 dan 49,73, dimana t_hitung=-3,704<-t_tabel=-1,667 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Ekklesia Simanjuntak, M. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 170–179. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2628
Section
Articles

References

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Banten : An1mage.

Hakim, thursan. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.

Handarini, Oktafia Ika & Siti Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3) : 496 – 503.

Kristanto, Vigih Hery. (2017). Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, XLI (02) : 312-320.

Kurnia, Dedeh. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga (Penelitian terhahap siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (1) : 1 – 10.

Mulyana et al. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era COVID-19. Jakarta : LITBANGDIKLAT PRESS.

Suardi, Moh. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Sujana, Atep & Paed. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sutopo, Agus Wahyu. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta. JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10 (2): 15 – 26.

Tukiran et al. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: Alfabeta.