ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII MTS DARUL ILMI BATANGKUIS

Main Article Content

Asrifah Siahaan
Edy Surya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemecahan masalah soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTs Darul Ilmi Batangkuis dan di ambil sebanyak 3 orang yang mewakili kategori berkemampuan rendah. Analisis tes kesulitan pemecahan masalah ini mengacu pada empat tahap pemecahan masalah Polya. Instrument penelitian ini adalah tes pemecahan masalah (HOTS) dan pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil tes menunjukkan bahwa dari sebanyak 30 orang siswa diperoleh sebanyak 2 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori “tinggi”, 3 orang siswa kategori “sedang”, dan 25 orang siswa kategori “rendah”. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) subjek 11 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada semua indikator pada soal (C4), mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator pertama, ketiga dan keempat pada soal (C5), mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator kedua, ketiga, dan kempat pada soal (C6). (2) subjek 26 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator kedua, ketiga, dan keempat pada soal (C4), (C5), (C6). (3) subjek 27 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada semua indikator pada soal (C5) dan (C6).

Article Details

How to Cite
Siahaan, A. ., & Surya, E. . (2022). ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII MTS DARUL ILMI BATANGKUIS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1620–1626. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2299
Section
Articles

References

Hendriana et al., 2018. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Karnasih, I. 2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematika. Jurnal ParadikmaFMIPA Unversitas Negeri Medan. Vol 1(8).

Kemendikbud. 2017. Himbauan Guru Untuk Mengembangakan Model HOTS.

Krathwohl, D.R. 2002. A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview-Theory IntoPractice. College of Education, The Ohio State University

Lestari et al., 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mairing. 2018. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Muliawati, N. E. (2016). Proses Berpikir Lateral Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika . Vol 2(1): 55–68.

Mulyadi. (2010). Pengertian Kesulitan Belajar. Bandung: Alfabeta

NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. Reston VA : NCTM.

Satori dan Komariyah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiawati et al., 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Widana, Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill. Jakarta: Depdikbud.

Wiwin et al.,. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Rata-Rata Hitung. Jurnal SNRP.

Yulianto. 2015. Menangani Kesulitan Belajar Pada Anak Diskalkulia. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.