ANALYSIS THE BLENDED LEARNING MODEL WITH THE MOODLE APPLICATION ON UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPTS
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2508Keywords:
Analisis model; Blended learning; Aplikasi moodle; Konsep matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis menggunakan aplikasi Moodle terhadap pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur yang relevan yaitu jurnal-jurnal terkait untuk dibaca dan dipelajari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait kemudian membaca dan mereviewnya. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengutip pendapat yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model blended learning dengan aplikasi Moodle memiliki tingkat penerimaan yang baik dan penguasaan konsep peserta dalam pembelajaran Matematika dengan Blended Learning menggunakan aplikasi Moodle termasuk kategori baik. Dengan demikian Model Blended Learning menggunakan aplikasi Moodle dapat diterapkan dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan model blended learning berbasis Moodle memiliki pengaruh yang besar sekaligus berpeluang memberikan pengaruh positif berupa peningkatan k Kapasitas pemahaman konsep matematika siswa.
References
Abdurahman, Mulyono, (2018), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta
Afrilianto, M. (2012). Pembelajaran matematika dengan pendekatan metaphorical thinking untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Ahmad,jurnal. 2018. Desain Penelitin Aanalisis Isi (Content Analysis). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidatullah.
Badriyah. 2015. Efektivitas Proses Pembelajaran dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Journal Lentera Komunikasi. 1(1):21-36.
Bower, M., Dalgarno, B., Kennedy, G.E., Lee M.J.W., & Kenney J. 2015. Design and Implementation Factors in Blended Synchronous Learning Environtment: Outcomes from a cross-case analysis. Computer & Education, Computer & Education, 86:1-17.
Bungin, B. (2003). Metode Penelitian Kualitatif ; aktualisasi
Catalano, H. 2014. The Opportunity of Blended-Learning Training Programs in Adult Education-Ascertaining study-CIEA 2014,Social and Behavioral Sciences,142:762-768.
Citroresmi, N & Nurhayati. Penerapan Model Pembelajaran Means
Cole, J, and H Foster Using Moodle. San Fransisko: Reily Media,2008.
Dadip Sahroni. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam
Danley, K. (2008). Mathematical proficiency (online). Retrieved form http://www.havasu.k12.az.us/pdf/staff_articles/math_proficiency.pdf
Dian Kurniati. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(01), 17.
Famela Yulita, (2015). Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah
Farhan, M dan Heri R. 2014. Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar,Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2):227-240.
Guzera, B. Canera, H. 2014. The Past, Present and Future of Blended Learning: An in depth analysis of literature, 5th World Conference on Educational
H,Hendriana& U.Soemarmo. (2016). Penilaian Pembelajaran
Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafy,MS. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan 17(1).
Hellman. S. 2018. Pengaruh Model Blended learning Berbasis Moodle Terhadap Kemampuan Self-Regulated Learning Siswa Dalam Belajar Matematika. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas TarbiyahdanKeguruan. Universitas Islam NegeriSunanAmpel: Surabaya.
Husanah, 2014. Pembelajaran Baruan Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Indeks Kesembilan, Jilid I. Penerjemah Marianto Samosir. Jakarta: Matematika Sekolah Menengah Pertama Dengan Sistem Chatacyet Based Integrated Learning,Vol 4. Jember. Jurusan Matematika Fmipa UNNES
Matematika. Bandung Pt Refika Aditama Melalui Strategi Means Ends Analyisis Pada Mateeri Differensial Di kelas Xi IPA Man Model Banda Aceh. Jurnal peluang, 4(1), 1-5
Metodologis kearah raham Varian Kontemporer. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di sekolah. Malang:UIN-Maliki Press.
Pedoman Bagi Guru. diunduh melalui http://kurtek.upi.edu/tik/ content/blended.pdfpada tanggal 27 Oktober 2013. Pekanbaru: Daulat Riau.
Pembelajaan. Prosiding seminar bimbingan dan konseling: universitas negeri malang Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Putri, D. T. N. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. 1(2):118-124.
Rajagukguk, W. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.
Riasari, D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai.2(4): 813-820.
Riyana, Cepi. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
Rohmawati,A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1):15-32.
Santrock, jhon W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Science-WCES 2013. Social and Behavioral Sciences,116:4596-4603.
Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Edisi
Uno, Hamzah. B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi
Zein,Mas’ud dan Darto. 2012. Evaluasi Pembelajaran Matematika.