PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2802Keywords:
LKPD Terintegrasi Learning Management System (LMS), Discovery Learning, Moodle GnomioAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi learning management system (LMS) Moodle Gnomio berbasis discovery learning yang validitas, praktis, dan efektifitas pada materi bangun ruang prisma dan limas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap pengembangan: analisis, desain, pengembangan, implementasi/penerapan, evaluasi. Lembar validasi ahli, angket jawban guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran semuanya digunakan dalam penelitian ini. hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi learning management system (LMS) Moodle Gnomio berbasis discovery learning dapat disimpulkan dalam; validitas materi sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid, validitas media sebesar 3,36 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran dibuktikan dengan hasil penilaian guru adalah 89,29% dengan kategori sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 85,25% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif, dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 83,37% dan respon positif terhadap media pembelajaran dengan capaian persentase sebesar 81,11% dengan kategori sangat efektif.
References
Apriansyah, Muhammad Fahmi., & Pujiastuti Heni. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Virtual Learning dengan Gnomio. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2). 179-188.
Azis, A. A. (2015). Pengembangan Media E-Learning Berbasis LMS Moodle pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1). 1–8.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Situs E-Learning Dengan Moodle Versi 3.1 Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 9(1). 1–9.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung.
Handajani, Budi. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Lailiah, Ikrimatul., Wardania, Sri., Sudarmina., & Sutantob, Edi. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1). 2792 – 2801.
Nurzazili., Irma, Ade., & Rahmi, Depriwana. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 172-179.
Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenada Media Group.
Purnama, Agus., & Suparman. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1). 2792 – 2801.
Rahmiati, Edwin Musdi., & Fauzi, Ahmad. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharafa. 6(2): 267-272.
Salirawati, D. (2006). Penyusunan dan Penggunaan LKPD dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Yogyakarta.
Septian, Ruly., Irianto, Sony., & Andriani, Ana. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 5(1). 59-67.
Subekti, Marfilinda Atma Sari., & Prahmana, Rully Charitas Indra. (2021). Developing Interactive Electronic Student Worksheets through Discovery Learning and Critical Thinking Skills during Pandemic Era. Mathematics Teaching Research Journal. 13 (2). 137-176.
Surjono, Herman Dwi. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.