Memaksimalkan keterampilan berpikir kritis menggunakan model problem heads review horay

Main Article Content

Maulidia Maulidia
Darmiyati Darmiyati

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa masih kurang memahami materi pelajaran PPKn, siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, dan siswa juga kurang mampu menyelesaikan soal-soal berbasis masalah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kombinasi model Heads Review Horay (Numbered Heads Together, dan Course Review Horay) dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan, analisis data menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan ini menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa mencapai kriteria kritis. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kombinasi model Heads Review Horay dapat meningkatkan aktivitas, dan keterampilan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Maulidia, M., & Darmiyati, D. (2023). Memaksimalkan keterampilan berpikir kritis menggunakan model problem heads review horay. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 61–66. https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3991
Section
Articles

References

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Barth, M., & Michelsen, G. (2013). Learning for change: An educational contribution to sustainability science. Sustainability Science, 8, 103–119. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11625-012-0181-5

Boonchom, S., Nuchwana, L., & Amorn, M. (2012). The development of standards, factors, and indicators for evaluating the quality of classroom action research. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 69, 220–226. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.402

Darmiyati, D., & Elisa, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi Kombinasi dengan Problem Based Learning dan Pair Checks Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-Instech: Journal of Instructional Technology, 1(1), 11–17.

Irwan, I., Akbar, A., Kamarudin, K., Mansur, M., Manan, M., & Ferdin, F. (2021). Penyuluhan Makna Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Perwujudan Integrasi Bangsa. Jurnal Abdidas, 2(3), 512–520. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.313

Kristiono, N. (2017). Penguatan Ideologi Pancasila di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 2(2), 193–204. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmony.v2i2.20171

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/493

Rahdiyanta, D. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Seminar Penelitian Tindakan Kelas.

Renata, R., Iriansyah, H. S., & Barkah, A. S. (2021). Pengembangan Media Permainan Bingo pada Mata Pelajaran PKn Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 570–578. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1355

Rusman, M. P. (2016). Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi 2). Rajawali pers.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sari, W. R., Romdanih, R., & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peran Ekonomi Dalam Upaya Menyejaterakan Masyarakat Melalui Metode Pembelajaran Brainstorming. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 201–207.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Rajawali Pers.

Suriansyah, A., Amelia, R., & Fitriyani, H. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Think Pair and Share (TPS), Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV Pemakuan Kabupaten Banjar. Rumah Jurnal, 5(2), 25–32. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/779

Suriansyah, A., Aslamiah, A., Sulaiman, S., & Noorhafizah, N. (2014). Strategi pembelajaran. RajaGrafindo Persada.