PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Main Article Content

Rizky Feby Salza Billa
Tiur Malasari Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Web Google Sites berbantuan Augmented Reality yang bersifat valid, praktis dan efektif pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model model ADDIE. Hasil uji validasi oleh dua validator yakni validator ahli media memperoleh rata – rata nilai persentase sebesar 91,5% dengan kategori sangat layak dan validator ahli materi memperoleh rata – rata nilai persentase sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon guru dan siswa. Dimana hasil angket respon guru diperoleh dengan persentase 98,4% dengan kategori sangat praktis sedangkan untuk hasil angket respon uji kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh dengan persentase 90,6% dan 93,9% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa diperoleh dengan persentase 86,6% dan 94,3% dengan kategori sangat efektif. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis dan efektif.

Article Details

How to Cite
Salza Billa, R. F. ., & Siregar, T. M. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2803
Section
Articles

References

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Assemblr, T. (2020). Assmblr. https://Assemblrworld.com/.

Azis, Nur Taufiq. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Sosial Sains (ACIEDSS 2019). 1(2).

Efendi, Yasin., Trinugi Wira., & Elvin Khoirunnisa. (2016). Jurnal Sistem Informasi. 9(1) :29-47.

Ferismayanti. (2020). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Harsanto, Budi. (2014). Inovasi Pembelajaran Di Era Digital Menggunakan Google Sites Dan Media Sosial. Bandung : UNPAD Press.

Khasanah, R., & Muflihah, S. M. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR). 2(1) : 68 – 76.

Multyaningsih, Endang. (2012). Metodologi Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Mustaqim, Ilmawan dan Nanang Kurniawan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. 1(1) : 36-48.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

P, Krishna Huda Bagus., Achmad Buchori., & Aurora Nur Aini. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 6(1) : 61-69.

Purwanti, Yeni., Buyung., & Relawati (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. 8(1). 213-221.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Rikani., Istiqomah., & Irham Taufiq. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). SENATIK 6. 6 : 54-61.

Sadiman, A.S., R. Raharjo., Anung Haryono., & Harjito. (2014). MediaPendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Heni Vidia dan Hary Suswanto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan. 2(7) : 1008-1016.

Supriyadi, Nanang. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai – Nilai Keislaman. Jurnal Al – Jabar. 6(1) : 63-73.

Sutarti, T dan Edi Irawan. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.