PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANFORMASI GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2230Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran Model STAD, Transformasi GeometriAbstract
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas XII MIPA-3 SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Semester 1 Tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana dan mengadakan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STAD hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan antara siklus I dan II. Perkembangan pada siklus ini begitu menggembirakan baik dalam evaluasi maupun dari hasil pengamatan terbukti untuk rata-rata prestasi kelas hasil evaluasi dari 63 ( pada siklus 1) menjadi 77 ,78 dan pengamatan rata-rata dari 62 menjadi 69 ( afektif ) dan dari 63,5 menjadi 69 (psikomotor) sedangkan aspek –aspek penampilan guru dari 77,8 % cukup menjadi 89,8 % baik , dari 25% siswa yang tuntas belajar menjadi 75%. Jadi penerapan model pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi transformasi geometri untuk meningkatkan ke aktifan pembelajaran Matematika pada siswa kelas XII MIPA-3 SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat, semester 1 tahun 2016/2017.
References
Andayani. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Jarolimek, john. (986). Sosial Studies in Elementary Educations (7th Ed).New York: Mac.
Johnson, Elaine B. 2006 .Contextual Teaching & Learning. Bandung : MLC.
McKenny, Cs. (2002) What is Cooperative Learning? Journal Acces tanggal 2 September 2017, dari http//www.csudh.edu/SOE/CL_Network/What is
CL html.
Milan Publishing Co. Inc Moh. Nasir. (1988) . Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia.
Mohamad Nur.2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas Xi Is 2 Sma N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.63-67
Slavin, R. E. (1990). Co-operative learning: Theory, research and practice. Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Sunal, C. S., & Haas, M. E. (1993). Social Studies For The Elementary And Middle Grades A Constructivist Approach.
Suryani, S. (2020). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pajambon. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1893
Suharsini Arikunto, Suharjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Supinah, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SMA dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: DEPDIKNAS DIRJENDIKTI Direktorat Ketenagaan.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Y.D, Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5: untuk kelas XII MIPA-2 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Yuliati, G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Kependidikan, 4(1). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=