PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANFORMASI GEOMETRI

Main Article Content

Uay Warlikah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas XII MIPA-3 SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Semester 1 Tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana dan mengadakan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STAD hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan antara siklus I dan II. Perkembangan pada siklus ini begitu menggembirakan baik dalam evaluasi maupun dari hasil pengamatan terbukti untuk rata-rata prestasi kelas hasil evaluasi dari 63 ( pada siklus 1) menjadi 77 ,78 dan pengamatan rata-rata dari 62 menjadi 69 ( afektif ) dan dari 63,5 menjadi 69 (psikomotor) sedangkan aspek –aspek penampilan guru dari 77,8 % cukup menjadi 89,8 % baik , dari 25% siswa yang tuntas belajar menjadi 75%. Jadi penerapan model pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi transformasi geometri untuk meningkatkan ke aktifan pembelajaran Matematika pada siswa kelas XII MIPA-3 SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat, semester 1 tahun 2016/2017.

Article Details

How to Cite
Warlikah, U. . (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANFORMASI GEOMETRI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1962–1973. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2230
Section
Articles

References

Andayani. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Jarolimek, john. (986). Sosial Studies in Elementary Educations (7th Ed).New York: Mac.

Johnson, Elaine B. 2006 .Contextual Teaching & Learning. Bandung : MLC.

McKenny, Cs. (2002) What is Cooperative Learning? Journal Acces tanggal 2 September 2017, dari http//www.csudh.edu/SOE/CL_Network/What is

CL html.

Milan Publishing Co. Inc Moh. Nasir. (1988) . Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mohamad Nur.2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas Xi Is 2 Sma N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.63-67

Slavin, R. E. (1990). Co-operative learning: Theory, research and practice. Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Sunal, C. S., & Haas, M. E. (1993). Social Studies For The Elementary And Middle Grades A Constructivist Approach.

Suryani, S. (2020). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pajambon. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1893

Suharsini Arikunto, Suharjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Supinah, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SMA dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: DEPDIKNAS DIRJENDIKTI Direktorat Ketenagaan.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Y.D, Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5: untuk kelas XII MIPA-2 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Yuliati, G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Kependidikan, 4(1). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=