EFFORTS TO IMPROVE STUDENT ACTIVENESS AND LEARNING OUTCOMES IN ONLINE LEARNING USING THE DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY THE QUIZIZZ TEST INSTRUMENT

Main Article Content

Cristy Indryany S
Pardomuan N.J.M Sinambela

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 14 Medan, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Matematika kelas X IPA 1. Strategi pembelajaran yang digunakan guru tergolong tidak efektif dalam pembelajaran online. Kebosanan yang dialami siswa dan tidak memahami materi yang disajikan mengakibatkan menurunnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, peneliti menerapkan strategi pembelajaran dalam pembelajaran online dengan menggunakan quizizz-assisted zoom pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran online menggunakan quizizz-assisted zoom. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengalami peningkatan. Data hasil observasi aktivitas belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,5%, meningkat pada siklus II menjadi 80,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada siklus I adalah 73,75 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,75. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 50%, dan meningkat pada siklus II menjadi 85%.

Article Details

How to Cite
Indryany S, C., & N.J.M Sinambela, P. . (2022). EFFORTS TO IMPROVE STUDENT ACTIVENESS AND LEARNING OUTCOMES IN ONLINE LEARNING USING THE DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY THE QUIZIZZ TEST INSTRUMENT. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1773–1789. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2509
Section
Articles

References

Abdalmenem, S.A.M., Arqawi, S.M., Amuna, Y.M.A., Abu-Naser S.S. & Al- Shobaki, M.J. (2019). Improving Research Performance Efficiency in Palestinian Universities Using E-Learning Strategies. International Journal of Academic Information Systems Research (IJAISR), 3(8): 8-19.

Aida, N., Hamdani, A.S. & Kusaeri. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model Pisa. Journal of Mathematics Education, 3(2): 130-139.

Aini, Y.I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Journal of Kependidikan, 02(25): 1-6. Access from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567/429

Aritonang, K.T. (2008). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10): 11–21.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Aziz, R.C., Hashim, NAAN., Omar, R.N.R., Yusoff, A.M., Muhammad, N.H., Simpong, D.H., Abdullah, T., Zainuddin, S.A. & Safri, F.H.M. (2019). Teaching and Learning in Higher Education: E-Learning as a Tool. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(1): 458–63.

Baedhowi, B. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Kebijakan dan Harapan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(65): 171-181. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.323

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gon, S. & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through WhatsApp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1):19–25.

Hamid, R., Sentryo, I. & Hasan, S. (2020). Online Learning and Its Problems in the Covid-19 Emergency Period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1): 86-95.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jakarta : PT Indeks.

Keengwe, J & George, D. (2012). The Digital Course Training Workshop For Online Learning and Teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365-379

Kemristekdikti. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. access from https://www.ristekdikti.go.id/pengembangan-iptek- dan-pendidikan-tinggi-diera-revolusi-industri-4-0 /

Kew, Si Na., Petsangsri, S., Ratanaolarn, T. & Tasir, Z. (2018). Examining the Motivation Level of Students in E-Learning in Higher Education Institution in Thailand: A Case Study. Education and Information Technologies, 23(6): 47–67. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9753-z

Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Pionir Jurnal Pendidikan, 1(1): 107-114.

Kurninawan, B., Wiharna, O. & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2): 157-158.

Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2).

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2) :1-10.

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1):29–36.

Munawaroh, (2021). Improving Student Actvities and Learning Outcomes Through Reciprocal Teaching Stratagies With Audiovisual Media. Journal Kadikma, 12(1): 14-24.

Mustopa, A.J. & Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Journal Digital Media & Relationship, 2(2):75–84.

Mutmainah, S. (2019). An Effort to Improve Students Activeness at Structure Class Using Slido App. Journal of English Educations Society, 4(1): 1-7. https://doi.org/10.21070/jees.v4i1.1868

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual Dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Quasy Experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1): 25-41.

Nuraini, F. & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1): 30-39.

Nurcahyo, E., & Djono, D. (2018). The Implementation of Discovery Learning Model with Scientific Learning Approach to Improve Students’ Critical Thinking in Learning History. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3): 106–112.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1): 128–35.

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E. & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1): 1-10.

Nurrohmi, Y., Utaya, S. & Utomo, D.H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10):08–14.

Ozdem-Yilmaz, Y., & Bilican, K. (2020). Discovery Learning—Jerome Bruner. Pp.

Prasetya, T.A. & Hanjanto, C.T. (2020). Improving Learning Activities and Learning Outcomes Using The Discovery Learning Method. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1): 59-66

Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2):1–10.

Rosenberg, Marc J. & Foshay, R. (2002). E‐learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies.

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2): 191

Sinaga, M. & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1):33–40.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sulfemi, W.B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1):17-30.

Sumadyo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumaryanta, E.E. (2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD / SMP. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika .

Supriyatno, T., Susilawati, S., & Ahdi, H. (2020). E-Learning Development in Improving Students’ Critical Thinking Ability. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5):1099–1106.

Sutarto, Herry. (2018). Lingkungan Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Matematika Yang Memunculkan 4c Abyility Sebagai Penyiapan Sdm Unggul Di Era Revolusi Industri4.0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (p 465- 476). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Usman, M.U., & Setiawati, L. (1996). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Voutilainen, A., Saaranen, T., & Sormunen, M. (2017). Conventional vs. e-Learning in Nursing Education: A Systematic Review and Meta-Analysis. Nurse Education Today. 50: 97–103. Access from https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.12.020

Widodo, T. & Kadarwati, S. (2013). Problem Solving Based Higher Order Thinking To Improve Learning Achievement Through Students Character Building Orientation. Journal Ilmiah Pendidikan, 31(1): 161-170.