Tutorial Pembuatan Media Thinglink dalam Pembelajaran di SD
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i7.1703Abstract
Memasuki abad 21 mengharuskan guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogi untuk mendesain pembelajaran yang inovatif dan kekinian sesuai dengan tuntutan abad 21. Abad 21 ditandai dengan era revolusi industry 4.0 yang bercirikan teknologi berkembang begitu pesat, informasi yang diakses tidak terbatas, dan segala pekerjaan yang dilakukan serba digital. Hal ini menjadikan tuntutan serta tantangan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembelajaran. Pembelajaran yang berkualitas dapat terwujud apabila guru inovatif dalam mendesain pembelajaran. Salah satunya adalah pemilihan media pembelajaran yang inovatif dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan perkembangan abad 21, yaitu media thinglink. Tujuan dari kajian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan media thinglink untuk pembelajaran pada siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari kajian ini adalah media thinglink untuk pembelajaran di SD.
References
Al Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Aslikhah. (2017). Pengembangan Flipchart Berbasis Gambar pada Mata Pelajaran IPS Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Kelas IV Sekolah Dasar. Retrieved April 20, 2022, from https://eprints.umm.ac.id/35631/
Budi, D. N. (2021). Pemanfaatan Media Thinglink untuk Mengembangkan Literasi SAINS Siswa dalam Pembelajaran IPA Saat Pandemi di MTsN 34. Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 40-48.
Herlina, Husain, S. N., & Tiwow, V. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas IV SDN 05 Lakea. Jurnal Kreatif Online.
Munthe, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TwoStay Two Stray Berbantu Media Gambar untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IV MIN 5 Labuhanbatu Utara. Retrieved 2022, from http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7444/
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Umsida Press.
Prasetio, K. E., & Fiantika, F. R. (2013). Media Kartun pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Intrapersonal Intellegence Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (p. 223). Surabaya.
Purwanti, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Thinglink pada Mater Kenampakan Alam IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Repository UPI.
Raga, S. D., Fitriyah, C. Z., & Finali, Z. (2020, Agustus 30). The Effect of Implementing Problem Based Learning on The Fifth Grade Students Higher Order Thinking Skills On Heat and Transfer Theme at SDN Kepatihan 06 Jember. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 482-491.
Roslan, N. N., & Sahrir, M. S. (2020). The Effectiviness of Thinglink on Teaching New Vocabulary to Non Native Beginners of the Arabic Language. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(2), 32-52.
Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis on Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299-4305.