MANAJEMEN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI LIDWA PUSAKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Main Article Content

Andri Krisna
Ahmad Sukandar
Asep A. Fathurrohman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan, minat dan problematika yang dihadapi dalam menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan Aplikasi Lidwa Pusaka pada Mata Kuliah Ilmu Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran berbasis ICT pada matakuliah Ilmu Hadis dengan Aplikasi Lidwa Pusaka di ADI Al-Bukhari Kabupaten Sukabumi sudah ada perencanaan, Kedua, Manajemen media pembelajaran berbasis ICT dengan Aplikasi Lidwa Pusaka pada Mata Kuliah Ilmu Hadis di ADI Al-Bukhari sudah termasuk baik. Guru dalam proses pembelajaran lebih mudah dan bervariasi dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan, Ketiga, Media pembelajaran berbasis ICT pada matakuliah Ilmu Hadis dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa ADI Al-Bukhari, Keempat, Problematika yang dihadapi ADI Al-Bukhari dalam manajemen media pembelajaran berbasis ICT pada mata kuliah Ilmu Hadis terletak pada sebagian mahasiswa yang tidak memiliki laptop disebabkan karena keterbatasan ekonomi keluarga. Problematika lainnya adalah ADI Al-Bukhari belum memiliki kelengkapan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran berbasis ICT.

Article Details

How to Cite
Krisna, A., Sukandar, A., & Fathurrohman, A. A. (2023). MANAJEMEN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI LIDWA PUSAKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9), 1929–1943. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3606
Section
Articles

References

Arsyad, A (2015) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Basak, S. K., & Govender, D. W. (2015). Development of a conceptual framework regarding the factors inhibiting teachers successful adoption and implementation of ICT in teaching and learning. International Business & Economics Research Journal (IBER), 14(3), 431-438.

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369-384.

Harapan, E. (2022, December). Tantangan Guru Sma Swasta Di Kota Sekayu Memanfaatkan Ict Pembelajaran Pada Era New Normal. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 1, pp. 74-80).

Herlina, H., Aprida, H., Kinasih, T. A., & Septiani, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 2(2), 98-104.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Mirzajani, H., Mahmud, R., Fauzi Mohd Ayub, A., & Wong, S. L. (2016). Teachers’ acceptance of ICT and its integration in the classroom. Quality Assurance in Education, 24(1), 26-40.

Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2016). Barriers to ICT use in high schools: Greek teachers’ perceptions. Journal of Computers in Education, 3, 59-75.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Risa, M., & Dias, W. (2018). Pengunaan Media Pembelajaran Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173-177.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.

Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.c212.113

Wardaya, C. U., & Sumartini, T. (2016). Media dan sumber belajar di TK. Bandung: PPPPK TK dan PLB.

Widodo, W. (Universitas N. S., Fauzi, F. R. (SEAMOLEC), Susanty, A. (SEAMOLEC), Triyanto, (Universitas Sebelas Maret), & T. Simorangkir, S. (Tanri A. U. (2020). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh. jakarta.