USAHA ORANG TUA DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI REMAJA PUTRI DI DESA PADANG CANDUH KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Main Article Content

Yuni Septiana
Fauzan

Abstract

Yang menjadi latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu usaha orang tua dalam membina etika berpakaian islami bagi remaja putri di Desa Padang Canduh Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat yaitu memberi keteladanan yang baik dalam berpakaian islami bagi remaja putri, namun masih banyak remaja putri yang berpakaian tidak sesuai dengan syariat islam seperti tidak menutup aurat, memakai pakaian yang ketat, menggunakan celana levis, memakai hijab namun memakai baju lengan pendek, dan penutupaurat hanya saat pergi kesekolah. Maka peneliti ingin mengetahui bagaimana usaha yang dilkukan oleh orang tua dalam membina etikaberpakaian islami bagi remaja putri di desa Padang Canduh Kecamatan Kinali Kabpupaten Pasaman Barat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam mengumpulkan data kualitatif deskriptif, yang menjadi informan kunci adalah Orang tua dari remaja putri di Desa Padang canduh, sedangkan informan pendukung adalah remaja putri di Desa Padang canduh Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa usaha yang dilakukan orang tua dalam membina etika berpakaian islami bagi remaja putri didesa padang canduh kecamatan kinali kabupaten pasaman barat yaitu dengan cara memberi pengarahan, memberi nasihat, memberi motivasi, memenuhi kebutuhan berpakaian sesuai syariat islam, memberikan pengawasan dan teguran jika remaja putri tidak berpakaian sesuai syariat islam dan memberi keteladanan yang baik dalam berpakaian islami.

Article Details

How to Cite
Yuni Septiana, & Fauzan. (2022). USAHA ORANG TUA DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI REMAJA PUTRI DI DESA PADANG CANDUH KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 107–121. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1125
Section
Articles

References

I. S. Wijaya, “No Title,” vol. IV, no. 1, pp. 77–90, 2012.

B. A. Murtopo, “Etika berpakaian dalam islam: tinjauan busana wanita sesuai ketentuan islam,” pp. 243–251, 2017.

A. Info, “Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak,” pp. 143–146, 2020.

T. Pembentukan and K. Anak, “ِPeran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak,” vol. III, no. 2, pp. 109–122.

T. Rahmawati, “ETIKA BERPAKAIAN DALAM ISLAM ( Studi Tematik Akhlak Berpakaian Pada Kitab Shahih Bukhori ),” vol. 3, no. 1, pp. 55–80, 2019.