PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI PADA NEW NORMAL DI SDIT HAJI DJALALUDDIN NAGARI AMPANG GADANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM

Main Article Content

Wildan
Charles

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran PAI Pada New Normal di SDIT Haji Djalaluddin Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.dan kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran guna menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang pelaksanaan Strategi pembelajara PAI Pada New Normal. Adapun yang melatar belakangi penulis melakukan penelitian ini adalah di Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, permasalahan pembelajaran PAI menggunakan sistem shif, kekurangan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran, kurangnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah, kurangnya bimbingan orang tua terhadap anak untuk belajar di rumah, oleh karena itu perlu diketahui bagaimana Pelaksanaan strategi Pembelajaran PAI Pada New Normal di kelas V dan VI SDIT Haji Djalaluddin yang dilakukan oleh Guru dan siswa. Dalam pengumpulan data skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan untuk mencari dan mengumpulkan data yang berkaitan dan dibutuhkan dalam skripsi ini. Dengan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, pemikiran orang atau kelompok.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PAI Pada New Normal di Kelas V dan VI SDIT Haji Djalaluddin adalah Blended Learning, faktor pendukung diantaranya: bantuan kouta internet, adanya arahan dan motivasi, kebebasan atau kemudahan dalam proses pembelajaran, kesiapan guru, peran orang tua. Sedangkan untuk faktor hambatan strategi pembelajaran guru PAI pada masa new normal yaitu persepsi yang salah dari orang tua, bantuan kouta internet, kurangnya semangat siswa, media sosial.

Article Details

How to Cite
Wildan, & Charles. (2022). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI PADA NEW NORMAL DI SDIT HAJI DJALALUDDIN NAGARI AMPANG GADANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 83–88. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1122
Section
Articles

References

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, teknik, prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

C Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, Malang: UIN Maliki Press.

Deswalantri. 2016. Kesatuan Dalam Berbahasa dan Bahasa Indonesia, Bukittinggi: suci Percetakan.

Irna Andrianti, Zulfani Sesmiarni. 2017. Implementasi Pendekatan Scientific pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar, Jurnal Iain Bukittinggi. Vol 2. Hlm. 149.

Wati Susanti. 2020. Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp di Masa Pendemi Covid-19, inovasi pendidikan vol. 7.