KERJA SAMA GURU PAI DAN ORANG TUA PADA MASA NEW NORMAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN 19 TARUNG-TARUNG UTARA

Main Article Content

Siti Nurhaliza

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dari orang tua terhadap pendidikan anaknya di rumah, seperti memberikan bimbingan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, orang tua juga sulit meluangkan waktunya untuk mengajari anak karena sibuk bekerja, ada juga orang tua yang mengerjakan tugas anaknya sendiri, anak-anak tersebut juga semakin malas untuk belajar karena mereka beranggapan bahwa orang tuanya akan mengerjakan tugasnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kerja sama guru PAI dan orang tua pada masa new normal dalam pembelajaran PAI di SDN 19 Tarung-Tarung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat lapangan (Field Research) dengan dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan apa adanya tentang suatu keadaan. Dalam penelitian ini, penulis menggambarkan kerja sama guru PAI dan orang tua pada masa new normal dalam pembelajaran PAI di SDN 19 Tarung-Tarung Utara. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan yang berkaitan dengan kerja sama antara guru PAI dengan orang tua pada masa new normal dalam pembelajaran PAI. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kerja sama guru PAI dan orang tua pada masa new normal dalam pembelajaran PAI di SDN 19 Tarung-Tarung Utara sudah berjalan cukup baik, hal ini terlihat dari kerja sama yang dijalin yaitu guru dan orang tua membimbing anak dalam memperoleh pendidikan, pertemuan antara guru dan orang tua awal atau pun akhir semester, dan kunjungan guru ke rumah orang tua siswa, atau sebaliknya.

Article Details

How to Cite
Siti Nurhaliza. (2022). KERJA SAMA GURU PAI DAN ORANG TUA PADA MASA NEW NORMAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN 19 TARUNG-TARUNG UTARA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 78–82. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1121
Section
Articles

References

Zuhairini. dkk. 1981. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.

Nazaruddin, Mgs. (2018). Intizar. Pola Kerja sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang. Vol.24 No.2, Hal 212.