PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI MTsS MADANI PERDAGANGAN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2515Keywords:
LKPD, Inkuiri Terbimbing, MiskonsepsiAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8 %, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86 % serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai 90%.
References
Arsyad, Azar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Anas, Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Press. Jakarta.
Astuti, Sondang. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Prinsip-Prinsip Matematika Dan Kemampuan Penalaran Logis Siswa Di Sman 1 Jarat Kabupaten Lahat. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5(1) : 71-75
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal. 3(1): 35-43.
Dachi, R dan Rophinus S. 2021. Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Di Desa Idala Jaya Hilisimaetano Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development. Vol 9(3) : 589-594
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Ella, Yulaelawati. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran : Filosofi Teori dan Aplikasi. Penerbit Pakar Karya. Bandung.
Fahrudin, A.G,dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 (1) :15-20. ISSN: 2615-4072
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif ; Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-ruzz Media. Jakarta.
Hasan, S. D.,Bagayoko. D., dan Kelley, E.L. 1999. Misconseption and The Certainty of Response Index (CRI), phy, edct, 345(5), pp. 294-299.
Junaifi. 2019. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Children Learning Science (CLIS) untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi vektor dikelas X Mipa SMA N 1 Batusangkar. Batusangkar Press. Batusangkar.
Khasanah, Uswatun. (2020). pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi operasi hitung bilangan untuk peserta didik kelas IV MI. Thesis, UIN Raden Intan Lampung
Nieveen, N. & Folmer, E. (2013). Formative Evaluation in Educational Design Research. Educational Design Research. Part A: An Introduction. Netherland Institute for Curriculum Development (SLO).
Nieveen, N., et al. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Volume 8 No.1. Fakultas Ekonomi Negeri Yogyakarta.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.
Pratiwi, Rani. (2018). Miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan proses berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Eksponen. Vol 8(1) :9-17.
Purnamasari,N.L. (2018). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pena SD. Vol 05 (01) : 25
Ristanty, E., Dinnullah, RNI, & Farida,N. (2017). penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi segi empat dan segitiga terhadap pemahaman konsep matematika di SMP Islam Soerjo Alam. Jurnal Pendidikan Matematika,Vol 1(1): 8-14. ISSN: 2597-6915
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rivai, Ahmad dan Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Rustandi, A dan Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom. Vol 11(2): 57-60
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Setyaningrum, N. I., Fakhruddin, D., & Sari, R. M. M. (2018). Analisis Miskonsepsi Matematis Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index Pada Materi Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Siswono, T., Y., E., (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan; Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang memperngaruhinya. PT.Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta. Bandung.
Suparman, Atwi. 2004. Desain Instruksional. PAU-PPAI Universitas Terbuka. Jakarta.
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana: Jakarta.
Umbaryati. 2016. Pentingnya LKPD pada pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Universitas Lampung. Lampung.
Wahyuni, Sri,dkk. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Core (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Persamaan Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 05(2) : 1498-1511. ISSN: 2579-92