PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PORSEA T.A 2020/2021

Main Article Content

Rahel B. Sitorus
Yasifati Hia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konssep matematika siswa dikelas VIII-B SMP Negeri 1 Porsea. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Porsea T.P 2020/2021 yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius. Instrumen yang dipakai tes dan pengamatan kemampuan guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Porsea.

Article Details

How to Cite
B. Sitorus, R. ., & Hia, Y. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PORSEA T.A 2020/2021. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1566–1573. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2291
Section
Articles

References

Arsyad, A., (2013). Media pembelajaran, Rahagrafindo Persada, Depok.

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Perc. Edira.

Handayani, Tri, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA. Majalah Ilmiah Kependidikan. 3(2): 151 – 164.

Hendriana., (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika, PT.Refika Agitama: Bandung.

Hutagalung, Ruminda. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri I Tukka. Journal of Mathematics Education and Science. Vol. 2. No. 2. ISSN: 2528-4363. Hal 70-77.

Isjoni., (2014). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Pustaka belajar, Yogyakarta.

Iskandar, Agung., (2012). Kreativitas Penelitian Tindakan Kelas: Membantu Guru Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme. Yogyakarta: Yayasan PENA.

Kadir, Abdul. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib. Volume 2. Nomor 2. Hal. 70-81.

Karunia, E. P dan Mulyono. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang. Hal. 337-346.

Manik, Mariani dan Mukhtar. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata. Jurnal Inspiratif, Vol. 3, No. 2

Mawaddah, Siti dan Maryanti, Ratih. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4. No 1. Hal 76 – 85.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak.

Rosidi, M.I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Volume 12. Nomor 1. Hal. 87-96.

Rohati,dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica. ISSN: 2088 – 2157. 8(2): 81 – 91.

Ruseffendi, E.T., (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saefuddin, A., dan Ika, B., (2014). Pembelajaran Efektif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung,

Sagala, S., (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Safryadi, dkk. (2015). Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia melalui Penggunaan Media Gambar di SMP Negeri 1.

Selameto, (2010). Belajar & Faktor – factor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Wibowo, T. H, dkk. (2015). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Efikasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Volume 4. Nomor 3. Hal. 947-959.