ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HOTS DI KELAS IX-2 SMP N 1 TIGALINGGA T.P 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2172Keywords:
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Matematika, HotsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe High Order Thinking Skill (HOTS) kelas IX-2 di SMP N 1 Tigalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif analisis deskriptif. Pengambilan sampel dengan menggunakan probability simple random sampling dan sampel kelas IX-2 dengan jumlah 30 orang. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dan subjek yang diambil 3 siswa, yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, pemberian tes soal High Order Thinking Skill, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh kemampuan dalam indikator menganalisis, mengevaluasi, mencipta sebesar 77,8%, 56,7%, dan 54,4% dengan rata-rata pencapaian indikator 62,9% kategori cukup. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa IX-2 diperoleh 2 siswa (6,67%) berkemampuan tinggi, 21 siswa (70%) berkemampuan sedang, dan 7 siswa (23,3%) berkemampuan rendah.. Siswa dikategorikan cukup mampu menyelesaikan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun masih terdapat kekurangan dalam penyelesaian.
References
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perc. Edira.
Hewi, La., & Muh. Shaleh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. ISSN. 2549-7367. Hal. 30-41.
Jailani, J., & Sugiman, S. 2018. Desain pembelajaran matematika: untuk melatihkan higher order thinking skills (H. Retnawati).
Nugroho, R.A. 2018. HOTS (Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
OECD (The Organization for Economic Cooperation and Development). (2019). PISA 2018 Result: Combined Executive Summaries. Volume I, II, & III. Qonita, Nais S., & Sumardi. 2020. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V. Surakarta: 5 Agustus 2020. Hal. 191-195
Rochman, Syaiful dan Zainal, Hartoyo. 2018. Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ).1(2).
Syamsul Hadi & Novaliyosi. (2019). Timss Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & call for papers ISBN: 978-602-9250-39-8.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Fani, K. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Pelajaran IPA. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 66-75.
Deda, Y. N., Ratu, A. H., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional matematika SMP/MTS berdasarkan perspektif higher order thinking skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(1), 1-6.
Puspa, R. D., Asari, A. R., & Sukoriyanto, S. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari tahapan pemecahan masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 86-94.
Artina, N., & Sumardi, S. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita berbasis HOTS Konten Teorema Pythagoras.