TANTANGAN GURU DAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Ayu Lestari
Dwi Putri Febriyanti
Okta Siliani
Rini Sabina
Saprina Putri Vannisa

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi selama masa pandemi covid-19 kemarin. PJJ umumnya dilaksanakan melalui rapat secara online (Daring) menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan yang dihadapi guru dan siswa saat proses PJJ di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat untuk memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena dan menemukan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan selama terjadinya pandemi Covid-19 siswa dan guru mengalami banyak hambatan dan kendala untuk tetap melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien, seperti koneksi internet yang kurang stabil, perangkat yang tidak mendukung, kurangnya pemahaman siswa terhadap instruksi yang diberikan dan guru yang mengalami kendala dalam menentukan materi berdasarkan kebutuhan peserta didik melalui online learning.

Article Details

How to Cite
Lestari, A., Febriyanti, D. P. ., Siliani, O. ., Sabina, R. ., & Vannisa, S. P. . (2023). TANTANGAN GURU DAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2012–2020. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3639
Section
Articles

References

Ahmad, and Muslimah. 2021. “Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif.” Proceedings 1 (1): 173–86.

Aimang, Hasrat A. 2022. “Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 5 (1): 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608.

Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (3): 282–89. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Chandra, Fachrul, Nur Fitriani, and Universitas Muhammadiyah Enrekang. 2021. “Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19.” Maspul Journal of Community Empowerment 3: 21–26.

Firmansyah, Firmansyah. 2021. “Motivasi Belajar Dan Respon Siswa Terhadap Online Learning Sebagai Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2): 589–97. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355.

Izzatunnisa, Lita, Ade Suryanda, Anisa Siti Kholifah, Cynthia Loka, Peralihan Pertiwi Idea Goesvita, Priscila Sindy Aghata, and Salwa Anggraeni. 2021. “Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah.” Jurnal Pendidikan 9 (2): 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811.

Kahfi, Ashabul. 2020. “Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Dirasah Vol.03 No. (2): 143. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir.

Lisman, Fenda, Primawati Primawati, Waskito Waskito, and Delima Yanti Sari. 2021. “Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring Dari Perspektif Guru Dan Siswa Di Smk 2 Payakumbuh.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3 (1): 72–76. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.179.

Magdalena, Ina, Azza Salsabila, Diah Ajeng Krianasari, and Shabira Fairuza Apsarini. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid Di Kelas III SDN Sindangsari III.” Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 3 (1): 119–28. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Mansyur, Abd Rahim. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika PembelajarMansyur, Abd Rahim. ‘Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.’ Education and Learning Journal 1, No. 2 (2020): 113.an Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1 (2): 113.

Nafisah Nor Saumi, Murtono Murtono, and Erik Aditia Ismaya. 2021. “Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (1): 149–55. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892.

Nurkholis, Irfan. 2022. “Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Pembelajaran Daring Di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2 (2): 143–48. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.45.

Nurwahid, Mohammad. 2021. “Korelasi Antara Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Dengan Hasil Belajar Matematika Di Masa Pandemi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2): 1127–37. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596.

Oktavia, Mutiara, Shaula Rahma, Retno Akmalia, Annisa Teguh, Asyifa Ramadhani, Alifianing Kusuma, and Darmadi Darmadi. 2021. “Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3 (2): 122–28. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821.

Putri, Amelia, Appin Purisky Redaputri, and Dora Rinova. 2022. “Nomor 2 Volume 1 Nomor 2.” Jurnal Pengabdian UMKM 1: 329–38. https://jpu.ubl.ac.id/index.php/jpu.

Rahmaoktaviani, Dahlia, and Ipang Setiawan. 2020. “Pengelolaan Bisnis Sanggar Senam Aerobik Di Kabupaten Rembang.” Physical Education and Sport 1 (2): 409–13.

Riinawati. 2021. “Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19.” Berajah Journal 1: 27.

Subandowo, M, Hari Karyono, Wawan Gunawan, and Wiwin Andriani. 2021. “Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Corona.” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang 1 (1): 485–501.

Suttrisno. 2021. “Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190.

Winata, I Komang. 2021. “Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5 (1): 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062.