PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING APLIKASI MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KAPAS

Authors

  • Ravica Chania Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Supratman Zakir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Iswantir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Wedra Aprison Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1118

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada hasil ulangan siswa kelas X MIPA SMAN 1 Batang Kapas ketika menerapkan pembelajaran campuran antara luring dan daring. Dengan demikian digunakan aplikasi moodle ketika menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan aplikasi moodle di kelas X MIPA SMAN 1 Batang Kapas tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 4. Berdasarkan hasil penelitian diketaui bahwa pengaruh penggunaan e-learning aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh penggunaan e-learning tanpa aplikasi moodle. Pengolahan data terakhir melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan hasil belajar t_{hitung}>t_{tabel}(3,0207>1,6711) dengan a=0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka H_0\ ditolak dan H_1\ diterima artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan e-learning aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh pengaruh penggunaan e-learning tanpa aplikasi moodle.

References

S. Afrianti et al., “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2020.

S. Zakir, “Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia,” vol. 10, no. 2, 2013.

M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.

P. Studi, P. Teknik, and I. Bukittinggi, “Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” vol. 9, pp. 83–95, 2020.

J. Kimia, F. Matematika, D. A. N. Ilmu, and P. Alam, “Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle,” 2016.

D. A. N. Hasil, B. Teknologi, I. Dan, and T. Smp, “Jurnal Ilmiah Guru ‘COPE’, No. 01/Tahun XVII/Mei 2013 E-LEARNING MOODLE,” no. 01, 2013.

. Prakarya and D. A. N. Kewirausahaan, “Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle Dan Minat Belajar Terhadap Hasil,” vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2020.

T. D. Hastjarjo, “Rancangan Eksperimen-Kuasi,” Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, p. 187, 2019, doi: 10.22146/buletinpsikologi.38619.

J. Teknologi, P. Indonesia, P. Studi, T. Pembelajaran, and U. P. Ganesha, “Pengaruh E-Learning Dan Lingkungan Kampus Terhadap,” vol. X, 2015.

Anjar Isna Fadillah , Munoto , Luthfiyah Nurlaela, “Terhadap Hasil Belajar Pengoperasian Perangkat Lunak Lembar Sebar Di Smkn 1 Mojokerto,” 2020.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Ravica Chania, Supratman Zakir, Iswantir, & Wedra Aprison. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING APLIKASI MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BATANG KAPAS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 44–53. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1118

Most read articles by the same author(s)