PERSEPSI MAHASISWA DAN DOSEN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER FTIK IAIN BUKITTINGGI TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SEMESTER GENAP 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i01.1081Abstract
Selama pembelajaran daring mahasiswa dituntut secara mandiri, selain materi yang diberikan dosen, mahasiswa juga berusaha untuk memahami tutorial-tutorial yang ada di YouTube dan media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi terhadap pembelajaran daring semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan April-Juni terhadap mahasiswa angkatan 2018 pada prgram studi Pendidikan Teknik Informatika FTIK IAIN Bukittinggi. Populasi penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi sebanyak 38 orang, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket persepsi siswa tentang pembelajaran daring. Angket persepsi siswa tentang pembelajaran daring disusun berdasarkan indikator persepsi siswa tentang pembelajaran daring dan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan nilai Tingkat Capaian Responden (TCR). Berdasarkan hasil penelitian persepsi mahasiswa baik terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 dan persepsi dosen baik terhadap pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19.