HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Mostro Mijoyo Ambarita Akademi Keperawatan Abdi Florensia
  • Nurma Yuni Pary Usemahu Akademi Keperawatan Abdi Florensia
  • Abdi Sinaga Akademi Keperawatan Abdi Florensia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i1.4763

Keywords:

Prestasi belajar, status gizi

Abstract

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absopsi, transportasi,  penyimpanan,  metabolism  dan  pengeluaran  zat-zat  yang  tidak  digunakan. (I Dewa Nyoman, 2015:18). Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh pengetahuan,keterampilan dan pandangan yang menghasilkan sikap dan tingkah laku pada waktu seseorang menghadapi suatu keadaan tertentu. (Suhardjo,2003:8). Dalam menyusun karya tulis ilmiah ini,peneliti menggunakan data primer dengan pengkuran antropometri dan data sekunder dari dokumen rapor siswa usia SMP di wilayah kelurahan Nagapita untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar. Berdasarkan Hasil penelitian didapatkan hasil uji statistik diperoleh р value = 0,021   maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hubungan status gizi dengan prestasi nilai . Hasil analisis lebih lanjut diperoleh OR (Odd Ratio) = 2,397. Maka dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan kepada tenaga kesehatan untuk dapat memberikan penyuluhan tentang status gizi .

References

Almaitser,S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

I Dewa Nyoman Supariasa, dkk. 2015. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Depdiknas.2008. Kriteria Ketuntasan http://digilib.unila.ac.id.pdf (diakses tanggal 25 juli 2020,20.57)

Iis Mega Arianti, Winarni. 2011. Stikes Aisyiyah. E-Jurnal. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Di SMP N 1 Jaten Karang Anyar. https://saripediatri.org/index.php/sari pe diatri/article/downloadSuppFile/381/11 ( di akses pada tanggal 5 Oktober 2020, 19.00 WIB)

Kemenkes. 2011. Pusat Data Dan Informasi Profil Kesehatan. Kesehatan RI.

Muniruddin, Mohammad. 2010. Skripsi Publikasi. Hubungan Antara Status Gizi Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada Volume 4 No. 2 Dengan Hasil belajar Di Capiring Kabupaten Kendal.Http://Eprints.Ums.Ac.Id/24354/12/Naskah_Publikasi.Pdf (diakses tanggal 5 Oktober 2020, 19.00 wib)

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

. 2015. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Ambarita, M. M., Usemahu, N. Y. P. ., & Sinaga, A. . (2021). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.32670/ht.v1i1.4763