PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Authors

  • Mostro Mijoyo Ambarita Akademi Keperawatan Abdi Florensia
  • Nurma Yuni Pary Usemahu Akademi Keperawatan Abdi Florensia
  • Abdi Sinaga Akademi Keperawatan Abdi Florensia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i1.4765

Keywords:

Penggunaan gadget, pola asuh, tumbuh kembang

Abstract

Penggunaan gadget dikalangan anak anak semakin memprihatinkan dan tentu memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang. Terlihat jelas anak-anak lebih cepat beradaptasi dengan teknologi yang ada. Sehingga anak-anak sering terlena dengan kecanggihan gadget dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Anak-anak yang  sering  menggunakan gadget,  seringkali lupa dengan  lingkungan sekitarnya.  Mereka lebih memilih bermain menggunakan gadget dari pada bermain bersama dengan teman-teman dilingkungan sekitar tempat tinggalnya. Sehingga interaksi sosial antara anak dengan masyarakat,  lingkungan  sekitar  berkurang,  bahkan  semakin  luntur  (Ismanto  dan  Onibala, 2015). Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada hubungan atau tidak antara tumbuh kembang dengan pola asuh serta penggunaan gadget.  Menggunakan desain  penelitian cross sectional dengan tekhnik  quantum sampling. Sample yang digunakan sebanyak 80 responden.  Instrument penelitian menggunakan data primer yaitu dengan pedoman wawancara dan skrining DDST dan hasilnya diolah dengan SPSS  versi  22  yang  dipresentasikan  dalam  table.  Hasil  penelitian  ini  didapatkan  ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget (P value 0,004), dan pola asuh orang tua (P value 0,001) dengan tumbuh kembang anak usia dini di Kelurahan Nagapita.  Dari  hasil  penelitian  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  pengaruh  penggunaan gadget dan pola asuh orang tua masih banyak yang menggunakan gadget lebih dari 1 jam serta penerapan pola asuh orang tua yang mengarah pada pola asuh negative, sehingga perlu adanya uji lebih lanjut untuk anak di kelurahan Nagapita.

References

Adriana, D. 2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Anak-edisi revisi. Jakarta: Salemba Medika

Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada anak. Salemba Medika, Jakarta.

Agoeng Noegroho. 2010. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, Agoes Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan remaja, Bogor selatan, Ghalia Indonesia

Ahmad. 2013. Guru dan Gadget. [Onli ne]. Tersedia: http://www.plasagadget.com/841-guru-dan-gadget/. [1 Oktober 2020].

Aisyah, 2010. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap Tingkat agresivitas anak. Jurnal MEDTEK,Volume 2, Nomor 1, April,2010 7.

Alisjahbana, Iskandar. 2013. Teknologi dan Perkembangan, Yayasan Idayu, Jakarta

Ameliola, S, Nugraha. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang : Universitas Brawijaya.

Anonim. 2010. Denver II Pelatihan. FK UWKS. Surabaya. Di download pada 29 Maret 2015 dari

http://ebookbrowse.com/denveriipelatihan-pdf-d18478531/.

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama.. DEPKES RI IDAI. 2012. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Sagung Seto, Jakarta.

Fauziddin, 2016. Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curicula. Vol 1 No 3 Glascoe FP, Dworkin PH. Surveillance and screening for development and behaviour. Dalam: Wolraich ML, Drotar D, Dworkin PH, Perrin EC, penyunting. Developmental – behavioral pediatrics: evidence and practice. Philadelphia: Mosby Elsevier; 2008.h.130- 44.

Greenwood, B. (2013). The Baumrind theory of parenting styles. Global Post International News. Retrieved December 15, 2013 from everyday.globalpost.com/baumrindth eory-parenting-styles-6147.html.

Harlimsyah. 2007. Aspek aspek pertumbuhan dan perkembangan. Jakarta: EGC.

Harlock. 1998. Perkembangan Anak. Erlangga, Jakarta.

Hertanto M. Shihab N, Ririmasse MP, Ihsan N, Rachmasari M, Wijaya MT,dkk. 2009. Penilaian perkembangan anak usia 0-36 bulan menggunakan metode Capute Scales.Sari Pedatric.

Hidayat, 2008. Pengantar Ilmu Keserhatan Anak Untuk Pendidikan Dini dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, E B. 2012. Perkembangan Anak, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

IDAI. 2005. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi deteksi Dini dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta

Irmawati. 2007. Analisis hubungan fungsi manajemen pelaksana kegiatan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) dengan cakupan SDIDTK balita dan anak pra sekolah di puskesmas kota Semarang [Tesis]. Semarang: Universitas Dipenegoro Semarang.

Ismanto, Yudi & Onibala, Franly. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawata Volume 3(2). Manado: FK Unsrat Mana.do

Izzaty, R. E,(2005), Permasalahan Anak Usia Taman Kanak-kanak). Jakarta: Depdiknas 27.

Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang

Moch. Shochib. 2010 Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Ambarita, M. M., Usemahu, N. Y. P. ., & Sinaga, A. . (2021). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.32670/ht.v1i1.4765