PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i1.4765Keywords:
Penggunaan gadget, pola asuh, tumbuh kembangAbstract
Penggunaan gadget dikalangan anak anak semakin memprihatinkan dan tentu memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang. Terlihat jelas anak-anak lebih cepat beradaptasi dengan teknologi yang ada. Sehingga anak-anak sering terlena dengan kecanggihan gadget dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Anak-anak yang sering menggunakan gadget, seringkali lupa dengan lingkungan sekitarnya. Mereka lebih memilih bermain menggunakan gadget dari pada bermain bersama dengan teman-teman dilingkungan sekitar tempat tinggalnya. Sehingga interaksi sosial antara anak dengan masyarakat, lingkungan sekitar berkurang, bahkan semakin luntur (Ismanto dan Onibala, 2015). Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada hubungan atau tidak antara tumbuh kembang dengan pola asuh serta penggunaan gadget. Menggunakan desain penelitian cross sectional dengan tekhnik quantum sampling. Sample yang digunakan sebanyak 80 responden. Instrument penelitian menggunakan data primer yaitu dengan pedoman wawancara dan skrining DDST dan hasilnya diolah dengan SPSS versi 22 yang dipresentasikan dalam table. Hasil penelitian ini didapatkan ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget (P value 0,004), dan pola asuh orang tua (P value 0,001) dengan tumbuh kembang anak usia dini di Kelurahan Nagapita. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh penggunaan gadget dan pola asuh orang tua masih banyak yang menggunakan gadget lebih dari 1 jam serta penerapan pola asuh orang tua yang mengarah pada pola asuh negative, sehingga perlu adanya uji lebih lanjut untuk anak di kelurahan Nagapita.
References
Adriana, D. 2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Anak-edisi revisi. Jakarta: Salemba Medika
Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada anak. Salemba Medika, Jakarta.
Agoeng Noegroho. 2010. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, Agoes Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan remaja, Bogor selatan, Ghalia Indonesia
Ahmad. 2013. Guru dan Gadget. [Onli ne]. Tersedia: http://www.plasagadget.com/841-guru-dan-gadget/. [1 Oktober 2020].
Aisyah, 2010. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap Tingkat agresivitas anak. Jurnal MEDTEK,Volume 2, Nomor 1, April,2010 7.
Alisjahbana, Iskandar. 2013. Teknologi dan Perkembangan, Yayasan Idayu, Jakarta
Ameliola, S, Nugraha. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang : Universitas Brawijaya.
Anonim. 2010. Denver II Pelatihan. FK UWKS. Surabaya. Di download pada 29 Maret 2015 dari
http://ebookbrowse.com/denveriipelatihan-pdf-d18478531/.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama.. DEPKES RI IDAI. 2012. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Sagung Seto, Jakarta.
Fauziddin, 2016. Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curicula. Vol 1 No 3 Glascoe FP, Dworkin PH. Surveillance and screening for development and behaviour. Dalam: Wolraich ML, Drotar D, Dworkin PH, Perrin EC, penyunting. Developmental – behavioral pediatrics: evidence and practice. Philadelphia: Mosby Elsevier; 2008.h.130- 44.
Greenwood, B. (2013). The Baumrind theory of parenting styles. Global Post International News. Retrieved December 15, 2013 from everyday.globalpost.com/baumrindth eory-parenting-styles-6147.html.
Harlimsyah. 2007. Aspek aspek pertumbuhan dan perkembangan. Jakarta: EGC.
Harlock. 1998. Perkembangan Anak. Erlangga, Jakarta.
Hertanto M. Shihab N, Ririmasse MP, Ihsan N, Rachmasari M, Wijaya MT,dkk. 2009. Penilaian perkembangan anak usia 0-36 bulan menggunakan metode Capute Scales.Sari Pedatric.
Hidayat, 2008. Pengantar Ilmu Keserhatan Anak Untuk Pendidikan Dini dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Hurlock, E B. 2012. Perkembangan Anak, Jilid I. Jakarta: Erlangga.
IDAI. 2005. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi deteksi Dini dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta
Irmawati. 2007. Analisis hubungan fungsi manajemen pelaksana kegiatan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) dengan cakupan SDIDTK balita dan anak pra sekolah di puskesmas kota Semarang [Tesis]. Semarang: Universitas Dipenegoro Semarang.
Ismanto, Yudi & Onibala, Franly. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawata Volume 3(2). Manado: FK Unsrat Mana.do
Izzaty, R. E,(2005), Permasalahan Anak Usia Taman Kanak-kanak). Jakarta: Depdiknas 27.
Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang
Moch. Shochib. 2010 Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.
Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.