GAMBARAN PENGGUNAAN GADGET DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASYITOH NGASEM

Main Article Content

Rozaana Dhiya’ulhaq
Arlina Azka
Erin Rizkiana

Abstract

Pada masa anak usia prasekolah merupakan periode perkembangan yang sangat sensitif. Pada masa prasekolah, anak akan mengalami perkembangan fisik maupun psikis. Sehingga perkembangan anak pada masa ini akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Zaman yang semakin modern dan beragamnya tampilan gadget yang menarik menyebabkan banyak orang tua yang mulai mengenalkan gadget pada anaknya. Penggunaan gadget yang berlebihan akan menjadikan ketergantungan pada anak dan akan memberikan dampak buruk pada perkembangan anak. Untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan gadget dan perkembangan anak usia prasekolah di TK Masyitoh Ngasem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK B Masyitoh Ngasem beserta orang tuanya dan jumlah sampel sebanyak 44 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan format KPSP. Distribusi perkembangan anak berdasarkan durasi penggunaan gadget lebih dari setengahnya (29,55%) anak usia prasekolah di TK Masyitoh Ngasem adalah anak pengguna gadget dengan frekuensi tinggi dan perkembangan yang sesuai. Dari hasil observasi yang dilakukan, perkembangan anak prasekolah di TK Masyitoh Ngasem sebagian besar anak tidak mengalami ketergantungan gadget serta perkembangan anak sebagian besar adalah sesuai.

Article Details

How to Cite
Dhiya’ulhaq, R., Azka, A. ., & Rizkiana, E. . (2023). GAMBARAN PENGGUNAAN GADGET DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASYITOH NGASEM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(12), 2464–2473. https://doi.org/10.32670/ht.v2i12.3825
Section
Articles

References

Adhytiya, R., & Irdawati, S. K. (2021). Gambaran Persepsi Orang Tua Terhadap Penggunaan Gagdet Pada Anak Usia Pra Sekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anggrasari, A. P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(1), 18–24.

Azhari, S. S., Budiman, B., & Marliyani, E. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan dan Fungsi Gadget dengan Masalah Emosional pada Anak di Bandung. Prosiding Pendidikan Dokter, 7(1), 406–411.

Fahtani, M. H. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Paud Binatama Desa Sungai Pinang Kecamatan Lingga Timur Kabupaten Lingga. ENHANCEMENT: A Journal of Health Science, 1(3), 47–56.

Febrino, F. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 1(1), 1–21.

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap perkembangan personal sosial anak usia pra-sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342.

Juliansyah, M. A., & Purba, V. (2020). Makna dan alasan dibalik orang tua memberikan fasilitas gadget kepada anak usia dini. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 20–34.

Mukarromah, T. (2020). Dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. IAIN Metro.

Pangaribuan, S., Wahyuni, T., & Khoiroh, S. (2015). Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di TK Nomensen Bontang. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Putri, D. A. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25–36.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80), 137–145.

Siswanti, D. N., Daud, M., & Jalal, N. M. (2019). Motif Orang Tua Memberikan Gadget Kepada Anak Usia Dini Di TK Y Makassar. Prosiding Temilnas XI IPPI, 7(8), 147–153.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Sumarni, N. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Adiksi Gadget di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(6), 9422–9431.

Sundus, M. (2018). The impact of using gadgets on children. Journal of Depression and Anxiety, 7(1), 1–3.

Triastutik, Y. (2018). Hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–8.

Wijanarko, I. R. J., & Setiawati, I. E. (2016). Parenting Era Digital Pengaruh Gadget dan Perilaku Terhadap Kemampuan Anak. Keluarga Indonesia Bahagia.

Zahra, Z. A., Argarini, D., & Widiastuti, S. (2022). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gagdet Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di Wilayah Rw 14 Tambun Selatan. Malahayati Health Student Journal, 2(3), 453–461.