Analisis perkembangan pemikiran islam di era globalisasi terhadap aktivitas dan pola pikir generasi milenial

Main Article Content

Tiara Widya Anggraini
Maryamah Maryamah
Amrina Rosyada
Talita Anggraini
Riska Fetriasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemikiran  Islam di era globalisasi terhadap aktivitas dan pola pikir generasi milenial.Subjek penelitian ini adalah siswa/i SMA dan Mahasiswa/i yang berjumlah 13 responden dengan rincian sebagai berikut : Siswa/i SMA berjumlah 7 orang dan Mahasiswa/i berjumlah 6 orang. Penelitian ini berdasarkan cara dan jenisnya menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, di mana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan tentang perkembangan pemikiran Islam di era globalisasi terhadap aktivitas dan pola pikir generasi milenial. Teknik  pengumpulan  data  dengan menggunakan metode kuesioner berupa google form. Pada penelitian, hasil termasuk kedalam kategori positif, hal ini dibuktikan dengan pemikiran islam di era globalisasi terdapat banyak tantangan, tetapi perkembangan pemikiran islam di era globalisasi tetap berkembang dikarnakan banyaknya generasi milenial yang masih menerapkan khazanah pemikiran islam dalam aktivitas dan pola pikirnya sehari-hari.

Article Details

How to Cite
Anggraini, T. W., Maryamah, M., Rosyada, A., Anggraini, T., & Fetriasih, R. (2023). Analisis perkembangan pemikiran islam di era globalisasi terhadap aktivitas dan pola pikir generasi milenial . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3779
Section
Articles

References

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Alhidayatillah, N. (2019). Urgensi Dakwah Bil Hikmah pada Generasi Millenial. Idarotuna, 1(2), 33–46. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v1i2.7024

Bamualim, C. S. (2018). Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas dan Tantangan Radikalisme. Center For The Study of Religion and Culture (CSRC) Pusat Kajian Agama dan Budaya.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi : Sebuah Tantangan dan Harapan. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441

Dian Radiansyah. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Remaja Islam. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 3(2), 76–103. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jaqfi.v3i2.9568

Djamal, S. M. (2017). Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161–179. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/JAd.v17i1i2a5

Ismail, A. I. (2018). The True Da’wa Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Kencana.

Iswanto, A. (2018). Membaca Kecenderungan Pemikiran Islam Generasi Milenial Indonesia. Harmoni, 17(1), 172–179. https://doi.org/10.32488/harmoni.v17i1.299

Janah, N. (2018). Pendekatan Normativitas dan Historisitas serta Implikasinya dalam Perkembangan Pemikiran Islam. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 13(2), 102–119. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v13i2.2331

Latifah, N. (2017). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Palapa, 5(1), 196–208. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i1.80

Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi Sebuah Kajian Deskriptif Analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 259–278. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.259-278

Mutia, T. (2017). Generasi Milenial, Instagram dan Dramaturgi: Suatu Fenomena dalam Pengelolaan Kesan ditinjau dari Perspektif Komunikasi Islam. An-Nida’, 41(2), 240–251. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v41i2.4656

Nuryanti, M., & Hakim, L. (2020). Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(April), 73–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v22i1.5531

Qamar, M. (2019). Pemikiran Islam Di Indonesia. Madani Media.

Rahmawati, N. R., Septiana, N. Z., & Masitoh, F. (2019). Pola Pengasuhan Orangtua Milenial. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy, Generasi X, 367–375.

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71. https://ijc.ilearning.co/index.php/mozaik/article/view/755

Ratna Sari, R. (2019). Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2), 132–151. https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.46

Sodikin, R. A. (2003). Konsep Agama islam. Al Qalam : Jurnal UIN Banten, 20(97).

Soraya, N. (2021). Islam dan Peradaban Melayu. Desanta Muliavisitama.

Sujati, B. (2018). Sejarah Perkembangan Globalisasi dalam Dunia Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(2), 98. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.969

Suwahyu, I., Nurhilaliyah, N., & Muthmainnah, S. (2021). Aksiologi Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani Di Era Globalisasi. Tadrib, 6(2), 229–243. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5149

WACHIDAH, S. N. (2021). Konstruksi Pendidikan Islam Di Era Global Menurut Azyumardi Azra. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 177–186. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.404

Yahya, Y. K. (2017). Usaha Bahasa Arab Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III, 38–48.

Zarkasyi, A. F. (2013). Tajdid dan Modernisasi Pemikiran Islam. Tsaqafah, 9(2), 395. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.59