UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM BAGI GURU PAI

Main Article Content

Faturohman Faturohman
Abdul Haris
Achmad Tito Rusady

Abstract

Problematika pengembangan mutu pendidikan Islam dinilai sangat memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak tanpa terkecuali. Rendahnya mutu pendidikan Islam merupakan salah satu permasalahan yang harus dengan segera ditindaklanjuti dalam rangka perbaikan dan perubahan di berbagai lini terutama harus diketahui peyebab serta langkah-langkah yang harus dilakukan terutama oleh guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kepustakaan (library research). Apalagi Pendidikan islam sebagai faktor penting dalam proses perkembangan dan kemajuan kehidupan manusia sehingga penulis mencari kajian tentang permasalahan yang dihadapi dan adanya pendidikan Islam di Indonesia maka muncul alternatif-alternatif solusi logis dari permasalahan tersebut. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa permasalahan yang  dihadapi  pendidikan Islam saat ini adalah berbagai nilai dan kualitas pendidikan Islam yang cendrung bertentangan dengan kebutuhan masyarakat dan kurang tanggap terhadap tuntutan dunia kerja. Dengan kondisi tersebut, maka dilakukan upaya pembenahan, pembaruan dan inovasi sistem pendidikan Islam dalam rangka menjawab dinamika masyarakat dan  memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat serta pasar bebas era otonomi daerah.

Article Details

How to Cite
Faturohman, F., Haris, A. ., & Rusady, A. T. (2022). UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM BAGI GURU PAI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1649–1656. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2295
Section
Articles

References

Andriyani, Juli. 2019. “Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis.” At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam 2(2): 37.

Fatmawati, Endang. 2017. “Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan.” Libraria: Jurnal Perpustakaan 5(1): 1.

Hamid, Hendra. 2018. 1 De La Macca Manajemen Pemberdayaan Masyarakat.

Herlina, A. 2014. “Kehidupan Anak Jalanan Di Indonesia : Faktor Penyebab, Tatanan Hidup Dan Kerentanan Berperilaku Menyimpang.” Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat 5: 145–55.

Kirom, Askhabul. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Al Murabbi 3(1). http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

lestari. 2020. “problematika keterampilan berbicara bagi pebelajar multibahasa Nurul.” 12(1).

Maslim, Dwiandiyanta, and Viany Susilo. 2018. “Implementasi Metode Logika Fuzzy Dalam Pembangunan Sistem Optimalisasi Lampu Lalu Lintas.” Jurnal Buana Informatika 9(1).

Purwasih, Wahyu. 2020. “Analisis Hukum Kausalitas Terhadap Perilaku Anak Usia Dini.” Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) 1(02).

Subianto. 2013. “peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas.” 8(2).

Sulasmono, Bambang Suteng. 2004. “problem solving signifikansi, pengertian dan ragamnya.” Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom (84): 573–80. http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF.

Sumiyati, Teti. 2017. “upaya peningkatan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran anak usia dini melalui metode demonstrasi dengan bantuan media compact disk ( cd ) interaktif di paud it bunayya kota bengkulu.”

Taufik, ali. 2020. “pendidikan di sekolah.”