PEMBELAJARAN INOVATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA POWERPOINT DI SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BLITAR

Main Article Content

Irman Kusnadi
Romelah Romelah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan media powerpoint oleh guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Kota Blitar pada mata pelajaran PAI dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatannya menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian dan sumber data pada penilitian ini diperoleh dari observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Sesuai dengan penilitin ini ditemukan bahwa dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik, di samping itu mampu meningkatkan semangat untuk mempelajari mata pelajaran yang disajikan yaitu Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan. Prestesi dan hasil nilai yang diperoleh menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dilihat dari proses penerapannya ditemukan bahwa melalui media Powerpoint materi yang disajikan kelihatan lebih menarik, hemat waktu, serta lebih efisien. Guru semakin percaya diri karena terbantukan dalam menjelaskan sesuatu yang ingin disampaikan. Penelitian juga ini menunjukkan adanya faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukung antara kemampuan guru yang terampil dalam mengoperasikan computer, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta dukungan dari kepala sekolah dan wali siswa. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan media Powerpoint adalah kurangnya kemampuan guru dalam menguasai seni menampilkan format materi ke dalam bentuk gambar, sehingga tampilan materi cenderung menoton menjadi kurang menarik. Persiapan guru membuat format tampilan powerpint menyita waktu yang lama dibandingkan dengan materi yang akan disampaikan.

Article Details

How to Cite
Kusnadi, I. ., & Romelah, R. (2022). PEMBELAJARAN INOVATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA POWERPOINT DI SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BLITAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1574–1583. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2292
Section
Articles

References

Asnil Aidah Ritonga dan Muhammad Basri. 2016. Potret Buram Pendidikan Nasional, dalam, Tazkiya, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. V, No. 1:. 54.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural, dalam Al Murabbi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1: 72.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Peneletian Kualitatif. Badung: Rosda.

Muthoifin. 2015.Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam: Studi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Perspektif Islam, dalam Jurnal Wahana Akademika, Vol. 2, No. 1: 69-72.

Nurhidayati. 2019. Media Powerpoint dan Pemanfaatannya Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Makalah disajikan dalam Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V di Malang, Malang, 5 Oktober.

Nurhayati, S., & Fadhillah, M. H. (2022). Menakar Peluang Dan Tantangan Penyelesaian Sengketa Bisnis Fintech Syariah Melalui Laps. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 63–70.

Nurjamil, S. N., Agung, A., & Risnaningsih, I. (2019). Model Penyelesaian Sengketa Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Wakaf Mikro Berbasis Pesantren. Res Nullius Law Journal, 1(2), 85–97.

Nurhayati, S., & Fadhillah, M. H. (2022). Menakar Peluang Dan Tantangan Penyelesaian Sengketa Bisnis Fintech Syariah Melalui Laps. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 63–70.

Nurjamil, S. N., Agung, A., & Risnaningsih, I. (2019). Model Penyelesaian Sengketa Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Wakaf Mikro Berbasis Pesantren. Res Nullius Law Journal, 1(2), 85–97.

Putranto, R. A., Setiajatnika, E., & Fahmi, I. (2018). The effect of public service motivation and job satisfaction on public officers’ performance through commitment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1422–1435.

Risnaningsih, I., & Nurhayati, S. (2020). Problematika Pengembangan Wakaf Uang Melalui Koperasi Syariah Di Era 4.0. Jurnal Co Management, 3(1), 402–412.

Risnaningsih, I., Nurjamil, N., Nurpadi, D., Nurhayati, S., & Mulyani, D. (2020). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Penyaluran Pembiayaan Mudharabah Pada Bmt. Jurnal Co Management, 3(2), 518–524.

Supriyatni, R., & Nurjamil, N. (2021). The Urgency of Handling Non-Performing Financing in Sharia Banks in the Development of Indonesian Sharia Economics. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law), 8(1), 26–46.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutarno, Gurniman. 2018. Efektivitas Pembelajaran PAI Menggunakan Media Power Point

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). dalam Cendikia, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Wadya.