MEDIA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA
Keywords:
Media, Pendidikan islam, Pendidikan keluarga, Lingkungan keluargaAbstract
Bagian penting dari bagaimana seseorang bertindak adalah bagaimana keluarga mereka mengajarkan mereka tentang Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kebutuhan media pendidikan Islam dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan data dan informasi terkait media pendidikan Islam di keluarga yang sesuai untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pendidikan meliputi dua macam, yaitu: tindakan pendidik (biasa disebut software atau immaterial); yang meliputi nasehat, contoh, larangan, perintah, pujian, teguran, ancaman, dan hukuman; dan benda-benda sebagai alat bantu (yang bisa disebut perangkat keras atau bahan); yang meliputi kursi belajar, papan tulis, penghapus, kapur tulis, buku, peta, OHP, dan lainnya. Dalam pendidikan keluarga untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam, media yang lebih tepat digunakan adalah yang bersifat immaterial, seperti contoh seperti perintah dan larangan, tarhib dan targhib, serta ganjaran dan hukuman.
References
Aisyah, N., & Amalia, D. R. (2020). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Perspektif HAM & Pendidikan Islam di MINU Purwosari Metro Utara. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 164-176.
Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).
Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah epistemologis. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).
Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173-182.
Kurniawan, R., Mitrohardjono, M., & Fahrudin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 29-38.
Nampar, H. D. N. (2018). Keluarga Sebagai Tempat Pertama dan Utama Pendidikan Iman Anak. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 13-21.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Nasiruddin, N. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 232-333.
Pasaribu, R. H., Refnita, R., & Efriyanti, L. (2022). Pemanfatan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Di Smpn 2 Bukittinggi. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika, 1(4), 104-115.
Rahmadani, N. S., & Setiawati, M. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 241-246.
Ramli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 133-134.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435-448.
Taubah, M. (2015). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109-136.
Violensia, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 4(1), 87-93.
Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.
Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).