OBJEK KAJIAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN

Main Article Content

Eti Hayati
Siti Julaeha
Syahrul Kamal
Annisa Madaniyah
Encep Syarifudin

Abstract

Dalam dunia pendidikan perlu adanya manajemen yang merancang pendidikan dengan tepat dan terarah sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Keberhasilan dalam manajemen akan berfungsi sebagai barometer untuk prestasi akademik. Pasalnya, dalam dunia pendidikan, manajemen menjamin kualitas pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kajian manajemen pada Lembaga Pendidikan. Artikel ini ditulis menggunakan metodologi penelitian pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan fakta dan informasi dari berbagai dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dalam kaitannya dengan segala persyaratan materi pendidikan dan segala upaya penyelenggaraan yang berkaitan langsung dengan proses pendidikan, sarana prasarana pendidikan, dan media pendidikan dikenal dengan manajemen pendidikan. Tujuh komponen yang menjadi objek kajian dalam manajemen pendidikan, yaitu: man, money, materials, method, machines, market, dan minutes. Objek kajian dari manajemen lembaga pendidikan pada dasarnya merupakan sistem organisasi pedagogik, yaitu satu kesatuan yang utuh yang terdiri dari bagian-bagian yang tersusun secara sistematis dan saling berkaitan secara kontekstual.

Article Details

How to Cite
Hayati, E., Julaeha, S., Kamal, S., Madaniyah, A., & Syarifudin, E. (2023). OBJEK KAJIAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3231
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan (Issue November). Polimedia Publishing.

Azan, K., & Others. (2021). ISU-ISU GLOBAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Samudra Biru.

Farikhah, S. (2015). Manajemen lembaga pendidikan. Aswaja Presindo.

Ghaybiyyah, F., Tahrim, T., Suwarno, S. A., & Octarina, R. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia.

Hambali, M., & Mu’alimin. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. IRCiSoD.

Husaini, & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474

Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jakad Media Publishing.

Maarif, S. dkk. (2013). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. IAIN Sunan Ampel Press.

Makorohim, M. F. (2022). Literatur Dalam Penelitian. Metodologi Penelitian Olahraga, 37.

Na’im, Z. (2021). DIMENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Penerbit NEM.

Nur’aini. (2020). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi Islam/Umum. CV. Pilar Nusantara.

Sabariah. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764

Saifuddin, & Others. (2023). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia.

Suwarno, S. A. (2021). Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam. Penerbit Adab.

Tumanggor, A., Tambunan, J. R., & Simatupang, P. (2021). Manjemen Pendidikan. K-Media.

Yunus, & Dja’far, A. B. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam). Penerbit Adab.