MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Main Article Content

Dahlia Dahlia
Khairul Anam
H.E. Syarifudin

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah manajemen yang memungkinkan sekolah mengelola sekolahnya secara mandiri. Kemandirian ini sebenarnya merupakan tugas sekolah, khususnya kepala sekolah, agar sekolah dapat maju dibawah arahannya. Dalam prakteknya, manajemen sekolah membutuhkan pemahaman konsep dasar yang menyeluruh. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas kepemimpinan berbasis sekolah. Penulisan ini menggunakan penelitian atau studi kepustakaan. Kajian ini mengacu pada isi kajian atau artikel (karya tulis). Melalui kajian literatur, hasil kajian memberikan penjelasan tentang konsep manajemen berbasis sekolah, penerapan manajemen berbasis sekolah, sasaran strategis peningkatan mutu melalui manajemen khusus sekolah, hambatan implementasi MBS, dll. Indikator keberhasilan implementasi MBS. Contoh yang diterapkan pada satuan pendidikan menunjukkan bahwa sekolah yang menerapkan model ini mampu mengubah sekolah menjadi tempat yang dapat memperkuat sumber daya manusianya dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Dahlia, D., Anam, K., & Syarifudin, H. (2023). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3257
Section
Articles

References

Arifin, I. S., Bisri, H., & Ichsan, M. (2016). Model Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan (Model Management Based School Improving The Quality of Vocational High Schools). Ta’dibi, 5(2), 98–116.

Elirina. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di min ketahun. Manajer Pendidikan, 10(3), 216–268.

Fahri, F., Lubis, M. J., & Darwin. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364–3372.

Fauzi, F. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Tarbawi, 8(1), 61–76.

Idawati. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Eklektika, 1(2), 153–162.

Istikomah, I. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 26–53.

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Mulyadi, Y., Hermawan, I. C., & Sulaeman, T. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(1), 40–47.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 93–101.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110.

Nurhayati. (2017). Manajemen Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Sekolah Inklusi (Studi Kasus Pada Yayasan Tunas Nusantara Rumekso Sebagai Penyelenggara Sekolah Melati Indonesia, Bekasi). Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 849–857.

Prihantini dkk, (2021), manajemen berbasis sekolah, (Jawa Barat : edu publisher).

Saberan Riduan, Mustakim. (2019), Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya . Vol 4. No 1.

Widyastuti ana dkk.(2020).Manajemen Berbasis Sekolah konsep,strategi dan perencanaan.yayasan kita menulis.