APLIKASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1129Keywords:
Metode Sorogan, pembelajaran Bahasa Arab, SmkAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan Abung Selatan kabupaten lampung utara Merupakan Sekolahan yang berbasis perhotelan dan tata boga yang didalam pembelajaranya terdapat mata pelajaran bahasa Arab. Dalam pengaplikasian pembelajaranya siswa menggunakan metode Sorogan. Berdasarkan pemaparan ini, penulis berketepatan untuk mendalami lebih lanjut bagaimana pengaplikasian metode Sorogan dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMK Abung Selatan Kalibalangan kabupaten lampung utara. Tujuan diadakanya Sorogan bahasa arab yaitu memberikan bekal Mufrodat bahasa Arab dan berkompeten berbicara serta dapat mengomposisikan bahasa Arab dengan baik. Adapun Sistem pengajaranya yaitu Guru dan murid masing masing memegang buku yang sama dan Guru mengkaji mufrodat dalam buku, membacakan dan mengupas makna nya satu persatu. Sedangkan siswa mendengar , menyimak dan mencatat.. Kegiatan Sorogan merupakan cara yang tepat agar peningkatan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab dapat tercapai secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep metode Sorogan pada pembelajaran bahasa Arab yang diimplikasikan di dalam SMK Abung Selatan , Kalibalangan kabupaten lampung utara.