PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROGRAM BILINGUAL DI MA TERPADU AL-MUNAWWAROH NGEMPLAK NGUDIREJO DIWEK JOMBANG
Keywords:
Peran Kepala Sekolah, Program BilingualAbstract
Penelitian ini menjelaskan tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan program bilingual di MA Terpadu Al Munawwaroh Ngemplak Ngudirejo Diwek Jombang. Kepala sekolah menjadi objek yang perannya cukup penting dalam sebuah lembaga pendidikan, utamanya dalam suksesnya pelaksanaan sebuah program didalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari enam orang, diantaranya ialah kepala sekolah, waka kurikulum, guru bilingual bahasa arab dan inggris, dan beberapa siswa/siswi MA Terpadu AL-Munawwaroh Ngemplak Ngudirejo Diwek Jombang. Analisis datanya menggunakan tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah peran kepala sekolah MA Terpadu AL-Munawwaroh ialah sebagai pemimpin yang menggunakan asas kebersamaan dan mengedepankan keputusan yang diselesaikan dengan kekeluargaan, serta pembagian job discription kepada tim dalam struktur organisasi. Adapun cara kepala sekolah dalam meningkatkan program bilingual dilakukan melalui memotivasi.
References
‘Aini, Zahrotul. 2013. “Implementasi Program Bilingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris dan arab Siswa,” (Universitas Islam negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Ashlan, Said. Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.
Dewi, Tri Angga. 2016. Implementasi Kelas Bilingual”, Jurnal kebijakan pendidikan,Vol.2https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:kGapCapTb6QJ:scholar.google.com
Firdaus, Aprilia Putri. 2020. “Manajemen Madrasah dalam peningkatan program bilingual,” (Institut Agama Islam negeri Jember).
Julaiha, Siti. 2019. Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal penelitian pendidikan dan pembelajaran, Vol. 6, No. 3 https://almunawaroh.sch.id/?__cf_chl_tk=PT8WNMZFapcXs9erHMJbF..R8UHYY1RM3nmoMSYgEV8-1668053061-0-gaNycGzNCKU.
Marsidin, Sufyarma. 2020. “Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah dasar”, Jurnal ilmu pendidikan, Vol.2 No.2 http://edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/138
Nasiruddin. Haman. 2015. Manajemen Kurikulum Bilingual Class System (BCS), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2 https://journal.iainkudus.ac.id
Nitiasih, Putu kerti. dan Luh Putu Artini. 2014. Bilinggualisme dan Pendidikan Bilingual.Yogyakarta: graha ilmu.
Novianty. 2020. Menjadi Kepala Sekolah Professional Era Revolusi 4.0, Yogyakarta: Zahir publishing.
Pransiska, Rismareni. 2018. “Kajian program bilingual terhadap perkembangan kognitif anak usia dini”, jurnal pendidikan. Vol. 10, No. 2 http://journal.unimma.ac.id
Purwanti, Karina. 2014. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada smp negeri 2 simeulue timur”, Jurnal ilmiah didaktika. Vol. X1V, NO. 2, https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id.
Rahmawati, Shavira Nur. 2021. “Peran Kepala Sekolah dalam Pengelolahan Program bilingual,”(Universitas Islam negeri Sunan Ampel Surabaya).
Sofyan, Mohammad Ali. 2013. “Penerapan model pembelajaran bilingual preview berbasis inquiry dalam pembelajaran fisika di sma negeri 2 kediri”, Jurnal inovasi pendidikan fisika. Vol.2. No.3 , https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Syarbini, Amirullah, dan Jaja Jahari. 2013. Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan kepala madrasah. Jakarta: PT Rajagarfindo persada.