RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Ahya Ulyanti
Fahira Bulan Zulian Syaharani
Qoriatussholihat Qoriatussholihat
H.E Syarifudin

Abstract

Manajemen merupakan tata cara yang dipakai untuk memudahkan suatu usaha pada lembaga agar prosesnya menjadi lebih baik. Karena pada dasarnya dengan proses yang baik maka akan menghasilkan manajemen yang baik juga. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan bagaimana proses pelaksanaan manajemen dalam bidang pendidikan khusunya tentang bidang manajemen pendidikan dan mengetahui ruang lingkup dari manajemen pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah literatur review dalam mencari data. Metode ini berasal dari hasil analisa berbagai informasi konseptual serta data- data kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai artikel ilmiah yang terpublikasi sebelumnya. Data dalam artikel ini didapatkan melalui referensi-referensi ilmiah yang relevan tentang bidang manajemen pendidikan. Hasil penelusuran dan kajian literatur menunjukkan bahwa terdapat tujuh bidang manajemen pendidikan, meliputi: manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen personalia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen tata usaha, manajemen pembiayaan dan manajemen humas dalam bidang pendidikan. Dan antara satu manajemen yang satu dengan yang lainnya berhubungan satu dengan yang lainnya. Dan diantara bidang garapan tersebut saling saling mempengaruhi, saling mengarahkan dan saling mengawasi satu sama lain demi tercapainya tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.

Article Details

How to Cite
Ulyanti, A., Bulan Zulian Syaharani, F. ., Qoriatussholihat, Q., & Syarifudin, H. (2023). RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1717–1735. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3478
Section
Articles

References

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rhineka Cipta, 2019.

Gesi Burhanudin, Rahmat Laan, Fauziyah Lamaya, Manajamen dan Eksekutif”, Jurnal Manajemen, Vol. 03, No. 02, (Oktober 2019).

Hadi Syamsul, “Manajemen Personalia Pada Pendidikan Menengah”, Jurnal al-Amin – Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, Volume 5, Nomor 1.

Henukh Agustina, “Perencanaan Penganggaran Pendidikan Berbasis Manajemen Biaya Terpadu Di SD Negeri Lotelutun Kecmatan Rote Barat Daya Provinsi NTT”, Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES.

Ibrahim Nasbi, “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis”, Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2

Jahari Jaja, “Manajemen Peserta Didik”, Jurnal Islamic Education Manajemen, Volume 3, Nomor (2).

Junaidi, Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam (Kajian Pendidikan Menurut Hadis Nabi), Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, Vol. 01, No. 01, (Januari-Juni, 2017).

Karmanis, Buku Pedoman Belajar Metode Penelitian, Semarang: CV Pilar Nusantara, 2020.

Kristiawan Muhamad, dkk, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Deeepublish, 2017.

Nawawi Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Gunung Agung, 1983.

Rasyid Andi Pananrangi, Manajemen Pendidikan, Celebes Media Perkasa, 2017.

Sri Wahyuni Hasibuan, Abdurrahman Misna, Ansri Jayabti , dkk, Metodologi Penelitian Bidang Muamalah Ekonomi dan Bisnis, Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

Suwatah, “Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 04, No. 01, (Maret, 2017).

Wahyuningsih Reni, Nurfuadi, Agus Prayitno, “Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan”, Jurnal Manajemen Pendidikan Agama Islam”, Vol. 05, No. 02, (2020).

Yayah Huliatunisa, Dasar Pengembangan Kurikulum Dan Peserta Didik Kurikulum Sekolah, Jakarta: FKIP UMT Press, 2020.

Yilfiana Vivi,dkk, ” Peran Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Di SMAN 14 Bone”, JURNAL MAPPESONA Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Bone, Volume 4, Nomor 2.