MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Main Article Content

Ifatul Asil
Reni Lutfiani
Fitri Amalia
H.E Syarifudin

Abstract

Lembaga pendidikan Islam khususnya pesantren dan madrasah cenderung memiliki konflik yang cukup tinggi dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya. Dari asumsi inilah tulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen konflik dalam menyelesaikan konflik yang terjadi dalam lingkup lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka Berdasarkan kajian teoritis, manajemen konflik sangat sentral dalam mengembangkan konflik di pesantren yang terdiri dari manajemen konflik antara yayasan dan masyarakat, antara yayasan dan pengurus pesantren, antara kyai dan masyarakat, dan penyelesaian konflik di pesantren juga madrasah. Yang menjadi pusat perhatian kita adalah bahwa konflik tidak dapat dihindari tetapi dikelola dengan baik. Konflik dalam pendidikan dipandang sebagai salah satu mata rantai yang lemah dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Pandangan ini muncul karena para pemimpin agensi melihat konflik sebagai sesuatu yang negatif dan kontraproduktif. Konflik dalam organisasi berbanding lurus dengan perkembangan organisasi, salah satunya adalah lembaga pendidikan. Awal konflik bisa berasal dari suatu masalah, hal ini bisa dianggap sepele atau sederhana.Oleh karena itu, diperlukan manajemen yang tepat untuk mengatasi konflik ini.

Article Details

How to Cite
Asil, I., Lutfiani, R., Amalia, F., & Syarifudin, H. (2023). MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3278
Section
Articles

References

Bashori, B. (2016). Manajemen konflik di tengah dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah. Muslim Heritage, 1(2).

Bashori, B. (2018). Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 2(2), 18-32.

Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Hasanah, U. (2020). Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Kerja pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 1-11.

Muslimah, Ira Rahmawati, Abdul Gaffar, Naila Nahdiah, Ayit Irpani, Diningrum Citraningsih, et al. 2023, Studi Lembaga Pendidikan Islam, Bandung: Media Sains Indonesia.

Sabri, A., & Monia, F. A. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Global Eksekutif Teknologi.

Setiawan, F. (2018). Mengelola konflik di lembaga pendidikan Islam. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 410-424.

Suprayogo, Imam.2016, Konflik di Lembaga Pendidikan Islam, Malang: Universitas Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58.

Syukur, Fatah. 2011, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Wirawan. 2013, Manajemen Konflik Teori, Aplikasi, dan Penelitian, Jakarta: Salemba.

Yusnia. 2019. Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam: Jurnal Piwulang. Vol. 2. No 1.