TOTAL QUALITY MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN

Main Article Content

Debi Nurhaepi
Dita Permata
Siti Idha Mahmudah
Yulistia Putri Utami
Encep Syarifuddin

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan pendekatan manajemen yang telah banyak diadopsi di berbagai industri, termasuk pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran atau pentingnya Total Quality Management dalam dunia Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam jurnal ini adalah metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk dapat meningkatkam mutu pendidikan melalui pendekatan Total Quality manajement sangat penting sekali lembaga pendidikan mengetahui terlebih dahulu mengenai konsep Total Quality Management, prinsip Total Quality Management, Penerapan prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan, dan kepemimpinan dalam manajemen mutu.

Article Details

How to Cite
Nurhaepi, D., Permata, D., Mahmudah, S. I., Utami, Y. P., & Syarifuddin, E. (2023). TOTAL QUALITY MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3230
Section
Articles

References

Ahmad Mustanir, S. I. P. (2022). Konsep Dasar Administrasi. Pengantar Ilmu Administrasi Publik, 0305192100, 1.

Amiruddin, Annisa, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Darmawangsa, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.24036/pakar.v12i1.131

Damai Yanti, M., & Aulia, Z. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 6 BANJAR KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.18592/moe.v7i1.5436

Feiby Ismail. (2016). Total Quality Management. IQRA’, 10(2), 1–16. https://doi.org/10.1177/001088049904000123

Goleman et al., 2019. (2019). Total Quality Management Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jamaluddin. (2013). Manajemen Mutu Layanan: Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan. http://repository.uinjambi.ac.id/6331/1/manajemen_mutu_layanan_ok.pdf

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 103–117.

Purbaningrum, A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Total Quality Management (TQM). Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, I(22), 26–31. http://hdl.handle.net/11617/11176

Saril, S. (2019). Total Quality Management (Tqm) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 963–972. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.430

Sayuti, F. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Fikrotuna, 3(1). https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.2714

Seni, O. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Sutarto. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM). In UNY Press (Vol. 84). http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Untari, T. (2017). Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 389–400. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9595/41.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Wargadinata, E. (2016). Kepemimpinan Kolaboratif. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 8(1), 1–12.

Wiyono, G. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro 2013, 9, 254–263.