MANAJEMEN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH

Authors

  • Vivi Alfiah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Bilqois Basyiroh Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Khairul Abas Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hanifa Soraya Putri Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Encep Syarifuddin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Manajemen, Pendidikan, Madrasah

Abstract

Manajemen pendidikan di madrasah adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia melalui pemanfaatan sumber daya manusia ataupun non manusia untuk mencapai tujuan madrasah agar efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana proses manajemen di Lembaga Pendidikan Madrasah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra madrasah di mata sebagian besar masyarakat selalu dipandang sebagai lembaga pendidikan yang tertinggal, apalagi jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah negeri. Namun, Keberadaan madrasah sendiri dalam tradisi pendidikan Islam, merupakan ujung tombak penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. hal ini terbukti dengan semakin bertambah jumlah dan kokohnya keberadaan pendidikan Islam. Dalam manajemen pendidikan tentunya ada 4 unsur yaitu Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading) dan Pengawasan (controlling). Empat unsur tersebut bertujuan untuk memberdayakan madrasah terutama sumber daya manusianya.

References

Asha, Lukman. (2020). Manajemen Pendidikan Madrasah : Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah Dari Masa ke Masa. (Bantul: Azyan Mitra Media)

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan (Yogjakarta: Diva Press)

Engkoswara dan Aan Komariyah. (2015). Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Eriyanto. (2019). "Pengelolaan Madrasah yang Efektif", Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Volume 4, Nomor 1

Hanifah, Eliyanto, Siti Fatimah. (2021). Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah di MTs Ma’arif Sempor. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, Vol.8. No.2.

Irwan Fathurrochman, Febriana Sholeha, Rahma Dhania, Yuli Ferbi Yanti. (2022) “Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di MTS Alhidayah Muara Telang”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.02, No.02

Langeningtias, Utari. Ahamd Musyaffa’ Putra. Ulviana Nurwachidah. (2021) “Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah”, Japendi : Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 7

Mustari, Mohamad. (2015). Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada)

Mutakallim. Abd Gani S. (2020). “ Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Pada Madrasah Menghadapi Tantangan Zaman”, Jurnal Alauddin Makasar, Vol. 1 No. 2

Nizar, Samsul. (2013). “Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Indonesia”, (Jakarta: Kencana)

Putra, Roni Friandi. (2019) "Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Madrasah Serta Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Yati Kamang Mudik" Tesis: IAIN Bukittinggi.

Rohmat dan Yuslam. (2022) ”Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah” Jurnal Kependidikan: Vol. 10 No. 1.

Sidiq, Umar. (2018). Manajemen Madrasah (Yogyakarta : CV Nata Karya)

Sirojudin, Akhmad. (2019). “Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah”, Jurnal : Program Studi PGMI, Vol. 6 No. 2.

Siti Aisyah et al. (2021) “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTs Al Faaizun Watang Palakka”, Jurnal Equilibrium; Pendidikan Sosiologi, Vol. IX, No. 1.

Siti Muawanah, Aji Sofanudin, Wahab, et al. (2022) “Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Pendidikan Madrasah Di Jawa Tengah”. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, No. 20 Vol (1)

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Alfiah, V., Basyiroh, B., Abas, K., Putri, H. S., & Syarifuddin, E. (2023). MANAJEMEN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3256