PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN

Main Article Content

Reski Mahardika
Yati Supiyati
Siti Nurul Fauziyah
Syarifudin Syarifudin

Abstract

Manajemen merupakan satu hal penting yang perlu dilakukan dalam lembaga pendidikan. Dengan adanya manajemen pada suatu lembaga pendidikan dan melaksanakan fungsi-fungsi manajemennya dengan baik, maka akan menentukan suatu keberhasilan dalam pengelolaan pendidikan itu sendiri dalam suatu lembaga. Manajemen pendidikan dalam artian sebagai penggelolaan terhadap semua kebutuhan institusional dalam pendidikan dengan cara yang efektif dan efisien. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode penelitian studi pustaka. Kemudian dalam pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan ini diantaranya: Perencanaan, Struktur Organisasi dan Job Description, Komunikasi dan Koordinasi, Pengawasan dan Pengendalian, Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah.

Article Details

How to Cite
Mahardika, R., Supiyati, Y., Fauziyah, S. N., & Syarifudin, S. (2023). PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3321
Section
Articles

References

Ahmad, R., & Pratama, A. (2021). Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). 2(5). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5

Cipta Pramana, Angka utama, Olyvin Ririmasse, Gustian Djuanda, Restia Christianty, Nasfi, Gede Bayu Wijaya, Fitra Syafaat, Silfiena Sihainenia, Muslikun Mashadi, & Ashriady. (2021). Dasar Ilmu Manajemen (H. F. Ningrum, Ed.). CV. Media Sains Indonesia.

Handoko, T. H. (2009). Manajemen (2nd ed.). BPFE.

Hartati, N. dkk. (2017). Analisis Pemanfaatan Teknologi Green Computing Dalam Mendukung Kinerja Manajemen Institusi Pendidikan. Jurnal EKSEKUTIF, 14(2).

Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL IDAARAH, VOL III(No. I).

Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat Di Era Modern . Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan , Vol.1(No.2).

Mappasiara. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam (Pesantren Dan Madrasah) The Implementation Of The Functions Of Islamic Educational Institution (Pesantren and Madrasah). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a1.2017

Ndraha, T. (2015). Kybernology: Ilmu Pemerintah Baru. Rineka Cipta.

Pawaka, A. F., Husna, A. N., & Zahra, A. A. (2022). Job Description Tenaga Kependidikan di Perguruan Tinggi. Borobudur Psychology Review, 2(1), 09–23. https://doi.org/10.31603/bpsr.6878

Saajidah, L. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum. Jurnal ISEMA: Islamic Education Management, Vol.3(No.2).

Saefullah, U. (2019). Manajemen Pendidikan Islam (Cet.1). CV PUSTAKA SETIA.

Saharudin, Afriza, & Andriani Tuti. (2023). Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7 No. 1(Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan).

Sudjiman, P. E., & Sudjiman, L. S. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar manajemen. Mandar maju.

Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JURNAL IDAARAH, Vol.1 No.1(Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan).

Tajdudin. (2013). Pengawasan Dalam Manajemen Pendidikan. Ta’allum, Vol.1(No. 2).

Thomas, S. (2020). Sistem Pengendalian Manajemen. Kampustaka.

Tumanggor, A., Tambunan, R. J., & Simatupang, P. (2021). Manajemen Pendidikan (S. E. Damanik, Ed.; Cet-1). K-Media.