PROBLEMATIKA DAN INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Main Article Content

Naziah Julianti
Nurfitrian Nurfitrian
Siti Vera Hikmawati
Encep Syarifuddin

Abstract

Pendidikan mengikuti perubahan suatu zaman, jika tidak disesuaikan maka pendidikan akan mengalami kegagalan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Oleh karena itu, didalam pendidikan diperlukan adanya inovasi yang mana dapat memberikan pembaharuan yang mampu menambahkan pengetahuan dan wawasan peserta didik dan juga meng update tentang ilmu-ilmu lainnya agar tidak tertinggal. Juga dengan adanya inovasi di bidang atau lembaga pendidikan, sangat diharapkan mampu mecapai kualitas pendidikan yang semakin baik dan terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permasalahan dan invovasi dari Lembaga Pendidikan. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini yaitu metode kajian pustaka (Library Research) atau studi literature review. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa terdapat beberapa masalah lembaga pendidikan agama Islam yang semuanya perlu diatasi jika pendidikan agama Islam ingin ditingkatkan di masa depan. Oleh karena itu, reformasi pembelajaran perlu dilaksanakan.

Article Details

How to Cite
Julianti, N., Nurfitrian, N., Hikmawati, S. V., & Syarifuddin, E. (2023). PROBLEMATIKA DAN INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3241
Section
Articles

References

Ahmadi, R. (2014). Pengantar pendidikan: asas dan filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 39.

Bisri, Mohamad. 2020. Komponen-Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal: Prosiding Nasional

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=nOcREAAAQBAJ

Girsang, S. E. E., Kurniawan, A., Sarjana, S., Akbar, M. A., Lotulung, C. V., Rafid, R., ... & Nawawi, I. (2022). KONSEP INOVASI PENDIDIKAN. Get Press Indonesia.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., Nurtanto, M., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2018). Pembaharuan pembelajaran di sekolah dasar. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Muhammad Anwar HM, .‘.”Inovasi Sistem Pendidikan”’, No.2 Jurnal: Inspiratif Pendidikan, VII (2018), 165

Muslimah, Ira Rahmawati, Abdul Gaffar, Naila Nahdiah, Ayit Irpani, Diningrum Citraningsih, et al. 2023, Studi Lembaga Pendidikan Islam, Bandung: Media Sains Indonesia.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen mutu sekolah: Strategi peningkatan mutu dan daya saing lembaga pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nindatu, A., Liubana, D. B., Leiwakabessy, P., Elly, W. C., Naraswari, A. P., & Lainsamputty, J. F. (2022). Persepsi Tentang Pentingnya Budaya Masohi Atau Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2277-2282.

Permana, J., Rahmawati, I., Saimima, M. P., Suhardan, D., & Herlina, L. (2020). The Impact of Global Leadership and Self-Efficacy on Teacher Innovation. KnE Social Sciences, 478-483.

Rusdiana, A. (2014). Konsep inovasi pendidikan.

Saud, Udin. S. (2015). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahruddin, Implementasi Kebijakan Publik: Konsep, Teori Dan Studi Kasus (Bandung: Nusamedia, Cet II, 2019)

Wahid, Musleh. 2018. Problematika Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Tafhim Al-Ilmi 10, 3 (2018), no. 1

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107-118.