PENDIDIKAN REMAJA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Main Article Content

Budiman Budiman
Echa Petricia
Ilham Wahyudi
Mulyana Mulyana
Sukatin Sukatin
Mashudi Hariyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan salah satu uapaya mencari jawaban masalah diatas, diharapkan dengan Pendidikan remaja menurut pandangan islam, untuk membimbing remaja agar remaja tetap sehat mental, berakhlak mulia, taqwa kepada Allah SWT dan nilai-nilai yang bersumber dari al-quran dan sunnah. Dari hasil penelitian ini, maka dapat penulis menyimpulkan bahwa Pendidikan dalam islam begitu begitu penting sehingga merupakan suatu kewajiban, karena Pendidikan dapat mengubah manusia dari tidak tahu menjadi tahu. Terkhususkan Pendidikan bagi remaja. Islam sangat memperhatikan tingkah laku umatnya, oleh karena itu islam memiliki rambu-rambu bagi umatnya yang harus diikuti jika menginginkan kehidupan yang layak didunia dan akhirat. Syariat islam tidak akan dihayati dan diamalkan orang kalua hanya diajarkan saja. Tetapi harus dididik melalui proses Pendidikan. Pendidikan remaja dengan Pendidikan yang islami, dalam arti islam mengandung makna bahwa setiap jenis Pendidikan yang diberikan pada remaja harus dengan nilai agama, karena nilai agama merupakan ajaran yang absolut ada syariat islam, berlaku sepanjang zaman sehingga nilai-nilai yang lainnya mengikuti nilai-nilai islam. Tanggung jawab pada Pendidikan remaja terletak dan dipengaruhi oleh orang tua, guru dan masyarakat. Dengan demikian bahwa tanggung jawab Pendidikan dalam islam bersifat persorangan dan sosial sekaligus. Dan peranan agama sebagai fungsi Pendidikan islam bagi remaja sangatlah penting. Karena remaja memiliki dasar-dasar agama akan lebih mudah dikembalikan pada jiwanya yang beragama apabila ia melenceng perbuatannya, jika tidak dibekali dengan Pendidikan agama akan goncang sampai ia dewasa.

Article Details

How to Cite
Budiman, B., Petricia, E. ., Wahyudi, I. ., Mulyana, M., Sukatin, S., & Hariyanto, M. . (2022). PENDIDIKAN REMAJA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1923–1933. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2485
Section
Articles

References

Abudi Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Medika Pratama,2013

Chabib Toha,Pendidikan islam semarang:Pustaka pelajar offset,1996

Daradjat, Zakiah, Pembinaan Jiwa/Mental, Jakarta: Bulan Bintang,1985

Daradjat, Zakiah, Peran Agama Dalam Kesehatan Mental, Jakarta : Haji Masagung 1988

Daradjat, Zakiah, Perkawinan Yang Bertanggung Jawab, Jakarta : Bulan Bintang, 1985

Herman, remajadalam prefektif Pendidikan islam, jurnal l-izzah.vol 10 no. 1,2005

Hidayat & Purwokerto, Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian, august, 2019

http://poskita.co/2021/07/23/pendidikan-remaja-dalam-pandangan-islam/

htttps://www.timesindonesia.co.id/read/news/373037/penerapan-pendidikan-islam-di-kalangan-remaja.

Jauhari Muchtar,Heri, Fikih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Mayasari & Indraswari, Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat, 2018.

Mudjia Rahardjo, Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya, 2017.

Walgito, Bimo, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Andi Ofset, 2003

Zulfi Agus, Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja Menurut Zakiah Daradjat, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudathul Ulum Sakatiga