PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN

Main Article Content

Alda Zukri
Slamet Dwi Yulianto
Nurhidayatul Makrifah
Sukatin Sukatin
Andri Astuti

Abstract

Nilai adalah sesuatu yang terkait dengan sesuatu yang lain yang merupakan bagian dari identitas sesuatu itu. Nilai bukanlah objek konkret, bukan fakta, dan bukan hanya hal-hal nyata yang membutuhkan bukti empiris, tetapi juga hal-hal yang dapat dihargai yang diinginkan, disukai atau tidak disukai. Dalam perkembangannya, Pancasila menghadapi berbagai tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi. Kemajuan ini mempengaruhi semua bidang kehidupan, yaitu ekonomi, budaya, politik, adat istiadat dan dunia pendidikan. Pancasila merupakan dasar negara kesatuan republik indonesia yang memiliki arti dan nilai luhur dalam setiap asasnya, karena setiap Pancasila terbentuk dari nilai-nilai yang telah ada dalam kehidupan pribadi bangsa indonesia sejak dahulu kala.

Article Details

How to Cite
Zukri, A. ., Yulianto, S. D. ., Makrifah, N. ., Sukatin, S., & Astuti, A. . (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 578–584. https://doi.org/10.32670/ht.v2i3.2920
Section
Articles

References

Sulianti, A., Efend, Y., Sa'diyah, H., (2020). Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah 50(1)

Azlina, N., Maharani, A., Baedowi, S.M., (2021) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Inonesian Journal Of Industry Of Instructional Technology. Universitas Kediri. 2(2)

Aisah, N. (2019). Penerapan Pancasila Dalam Pendidikan Indonesia Pada Era Globalisasi

Sianturi, Y.R.U., & Dewi, A.D., (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Universitas Pendidikan Indonesia. 5(1)

Dinarta, A.F. Nilai-Nilai Pancasila. Universitas Persada Indonesia YAI

Saifudin, Z.M. Menemukan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik. Universitas Nahdatul Ulama Sidoarjo

Fauzi, Y.F., Arianto, I., Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. PPKN Universitas Negeri Jakarta. 1(2)

Nurgiansyah, H.T. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Krakter Regius. Jurnal Basicedu. Universitas PGRI Yogyakarta. 6(4)

Widiastuti, E.N. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. IJSED. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 3(2)

Syamsudin, M., dkk. (2009). Pendidikan Pancasila; Menempatkan Pancasila Dalam Konteks Keislaman Dan Keindonesiaan. Yogyakarta: Total Media

Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. (2016). Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Dwiputri, A.F., & Anggraeni. D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Yang Cerdas Kreatif Dan Berakhlak Mulia. Umiversitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. 5(1)

Sianturi, U.R.Y., & Dewi. A.D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Universita Pendidikan Indonesia. 5(1)

Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2 .(1) 1-8.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media

Oksep, A (2015). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Pembentukan Peraturan PerundangUndangan. Jurnal Ilmu Hukum. 5 (2).

Agus Subagyo. (2020). Implementasi Pancasila Menangkal Intoleransi Radikalisme dan Terorisme. Jurnal Keilmuan PKN, 6 (1).

Drs. Syamsir, M.si,. Ph.D. 2017. "Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi". Palembang: BKS PTN-Barat.