Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Butir-Butir Pancasila

Main Article Content

Matra Jaya

Abstract

Pendidikan Islam merupakan suatu proses untuk mendidik manusia untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan adanya Pendidikan Islam manusia dapat mengembangkan konsep kepribadian yang baik di dalam dirinya serta bersikap sesuai dengan yang disyariatkan Islam. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan dalam pembahasan skripsi ini yaitu Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Butir-Butir Pancasila yang terkhususnya sila kesatu, yang mana menganalisa dan menelitinya melalui butir-butir yang ada pada Pancasila terkhususnya sila kesatu. Melihat banyaknya permasalahan dilingkungan masyarakat yang menganggap bahwa Pancasila itu bertentangan dengan Islam dan beranganggapan bahwa di dalam Pancasila itu tidak ada nilai Islamnya bahkan adanya benturan antara Pancasila dengan Islam serta adanya isu-isu bahwa Pancasila akan dijadikan trisila atau ekasila. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu berdasarkan analisis isi (Contens Analisys) dari sebuah buku yang mana buku yang dipakai yaitu penjelasan gambar butir-butir Pancasila karangan dari badan pendidikan pelaksanaan pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila (BP-7) Pusat. Di dalam buku ini, peneliti mencoba mengamati, memahami dan mengahayati satu persatu dari sila-sila dan butir-butir Pancasila, karena adanya pembatasan masalah  sebagaimana yang telah penulis tulis di bawah ini dibagian batasan masalah, yang mana dibatasi dengan mengkaji atau meneliti nilai aqidah di dalam Pancasila terkhususnya sila kesatu berdasarkan butir-butir yang ada pada sila tersebut. Selanjutnya peneliti akan mencoba menelah dan menganalisis atau menganalisa dari setiap sila dan butir-butir Pancasila sila kesatu serta mencoba meneliti apakah ada nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung di dalam Pancasila yaitu nilai aqidah berdasarkan sila kesatu melalui butir-butir yang ada pada sila tersebut, kemudian mendeskripsikannya dan mengkomunikasikannya dengan kerangka teori yang digunakan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan, di dalam Pancasila terkhusunya sila kesatu, melalui hasil pengamatan dari butir-butir yang tertera bahwasanya terlihat jelas mengandungan nilai Pendidikan Islam yaitu nilai aqidah.

Article Details

How to Cite
Jaya, M. . (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Butir-Butir Pancasila. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 316–329. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.1432
Section
Articles

References

Ali, Amran. 2016. Pendidikan Pancasila Diperguruan Tinggi. Jakarta : Cip. PT Raja Grafindo.

Andria, Bakti. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pengamalan Puasa Ramadhan. Skripsi. Bandar Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Asrori, Achmad Labib. Terjemah Hadits Arba’in Nawawi. Almiftah. Surabaya : tt.

Awaliyah , Rabiatul Dan Hasan Baharun. 2018. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional”(Telah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam)”. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol 19, No 1.

Aprison, Wedra. 2017. Tauhid Dasar Perumusan Epistemologi Pendidikan Masa Depan, Dosen Pendidikan Agama Islam : IAIN Bukittinggi, Jurnal Educative, Vol 2.

Anwar, Rosihon Dan Saehudin. 2016. Akidah Akhlak. Bandung : CV Pustaka Setia.

Al-Qrdhawy, Yusuf. 1997. Pengantar Kajian Islam. Jakarta : Pustaka Alkautsar.

Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Achmadi, Asmoro. 2009. Paradiqma Baru Filsafat Pancasila Dan Kewarganegaraan. Semarang : Rasail Media Group.

Astuti, Ngudi. Pancasila Dan Piagam Madinah.

Brata, Ida Bagus. 2017. Lahirnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol 7, No 1.

Bakar, Yunus Abu. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Surabaya : Universitas Negeri Sunan Ampel.

Bolo, Andreas Doweng, Dkk. 2012. Pancasila Kekuatan Pembebas. Yogyakarta : Kanisius.

Badan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila (BP-7) Pusat. Penjelasan Gambar Butir-Butir P-4.

Devy, Dwi Ananta. 2019. Nilai-Nilai Pancasila. Tangerang : Lokal Aksara.

Darmodiharjo, Darji. 1979. Pancasila Suatu Orientasi Singkat. Jakarta : PT Balai Pustaka.

Darajadt, Zakiyah. 1993. Pendidikan Anak Dalam Keluarga : Tinjauan Psikologi Agama Dalam Jalaluddin Rahmat Dan Muhtar Gandaatmaja, Keluarga Muslim Dalam Masyarakatmodern. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Departemen Agama RI. 2007. Alqur,n Dan Terjemahnya. Bandung : Diponegoro.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.

Frimayanti, Ade Imelda. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam Aal-Tazkiyyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No II.

Fathani, Aqil Teguh, Dan Zuly Qodir. 2020. Agama Musuh Pancasila? Studi Sejarah Dan Peran Agama Dalam Lahirnya Pancasila. Jurnal Al-Qalam, Vol 26, No 1.

Halimatussa’diyah. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.

Herdiawanto, Heri, Jumanta Hamdayama Dan Fokky Fuad Wasitaatmaja. 2018. Spiritualisme Pancasila. Jakarta : Prenamedia Group.

Hidayat, Ferry. Redaksi We, Pancasila Diperas Jadi Trisila Apalagi Ekasila Diakses Dari https://amp.wartaekonomi.co.id/berita290695/kalau-pancasila-diperas-jadi-trisila-apalagi-ekasila-ruh-ketuhanannya-akan-hilang, Pada Tanggal 29 April 2021 Pukul 09.24.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Iswantir. 2017. Gagasan Dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam Di Indonesia. Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan : IAIN Bukittinggi. Jurnal Educative, Vol 2, No 2.

Ilmi, Darul. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minang Kabau. Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan : IAIN Bukittinggi. Jurnal Of Islamic & Sosial Stuies, Vol 1, No 1.

Jamaruddin, Ade. 2016. Membangun Tasamuh Keberagaman Dalam Perspektif Alqur,An, Toleransi : Media Komunikasi Umat Beragama. Vol 8, No 2.

Jempa, Nurul. 2017. Nilai-Nilai Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, Vol 4, No 2.

Khotimah, Husnul. 2020. Penerapan Pancasila Perspektif Islam. Jurnal Tahdzib Akhlak, No VI/2/2020.

Kementerian Agama RI. 2000. Alqur,an Dan Terjemahnya. Bandung : Diponegoro.

Marimba, Ahmad. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung : Al Ma’arfif.

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Mujahid, Rofik, Dkk.2017. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam FTIK UIN Sunan Kalijaga.

Negoro, Noto. 1994. Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta : Bumi aksara.

Nugroho, Ari, Bekti Taufik Dan Mustaidah. 2007. Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri. Jurnal Penelitian. Vol 11, No 1.

Naufal, Bustanun. Kepedulian Sosial Dalam Perspektif Hadist. Jurusan Ilmu Hadist Fakultas Ushuludin Dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Prabowo, Dani. Polemik Trisila Dan Ekasila di RUU HIP, Apa Isinya?Diakses Dari https://nasional.kompas.com/read/2020/06/16/15171121/polemik-trisila-dan-ekasila-di-ruu-hip-apa-isinya?amp=1&page=2, Pada Tanggal 29 April 2021 Pukul 09.18.

Rusydi, Yudistira. 2016. Aktualisasi Dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuh Kembangkan Karakter Bangsa, Vol 2, No 1.

Syarbaini, Syahrial. 2014. Aktualisasi Pancasila Diperguruan Tinggi.

Sukring. 2013. Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta : Garaha Ilmu.

Sarjono. 2005. Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol II, No 2.

Sesmiarni, Zulfani. 2025. Membendung Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Melalui Pendekatan Brain Based Learning. Dosen IAIN Bukittinggi. Jurnal Studi Agama Islam Dan Pemikiran Islam. Vol 9, No 2.

Syafril dan Zelhendri Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok : Kencana.

Suwarno. 1988. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Tamrin, Isnando. 2019. Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Agama Non Formal Di Era Global. Dosen Pendidikan Agama Islam : IAIN Bukittinggi. Menara Ilmu. Vol XIII, No 2.

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tohir Muhammad. 2019. Inti Sari Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta : Prenamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia,Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Semarang : Aneka Ilmu.

Wasitaatmadja, Fokky Fuad. 2018. Falsafah Pancasila Epistemologi Keislaman Kebangsaan. Depok : Prenamedia Group.

Wijayanti, Istiqomah Tri. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Karya Yusuf Mansyur. Skripsi. Surakarta : UMS.

Yuliati, Qiqi, Dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai. Bandung : Pustaka Setia Bandung.

Yahya, Usman. 2015. Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun Dilingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Islamika. Vol 15, No 2.

Zaki, Muhammad, Dan Wantoro Aji. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Kegiatan Khitabah. Jurnal Pendidikan Islam(E-ISSN : 2550-1038), Vol 3, No 1.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.