PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KARAKTER BANGSA

Main Article Content

Annisah Annisah
Dwi Agustina
Merlin Aprida
Adji Febrian
Mashudi Haryanto
Sukatin Sukatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa SMPN 11 Batanghari, mengetahui bagaimana peranan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap pembentukan karakter pada siswa SMPN 11 Batanghari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian pada skripsi ini menggunakan sampel siswa dan guru SMPN 11 Batanghari dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yan digunakan yaitu Interaktif Model analisis data kualitatif yakni prosesnya dilakukan dengan data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat atupun daerah dengan dalam proses pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan baik intrakurikuler dan ekstrakurikuler diantaranya adalah kegiatan intrakurikuler memasukkan nilai-nilai karakter setiap mata pelajaran di kelas sesuai yang direncanakan dalam RPP dengan menggunakan pendekatan discovery Learning atau inquiry. Adapun peranan pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter anak di SMPN 11 Batanghari khususnya kelas VIII yaitu dengan cara menyisipkan nilai spritual dan nilai sosial dalam setiap melakukan pembelajaran pendidiikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Strategi yang dilakukan oleh para guru sehingga penanaman karakter dapat tercapai apabila setiap guru mampu memahami karakter dan kondisi sosial budaya masyarakat dimana peserta didik berada.

Article Details

How to Cite
Annisah, A., Agustina, D. ., Aprida, M. ., Febrian, A. ., Haryanto, M. ., & Sukatin, S. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KARAKTER BANGSA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 566–572. https://doi.org/10.32670/ht.v2i3.2918
Section
Articles

References

Abdulsyani 2007. Sosiologi Sistematika, Teori, dan Terapan.PT Bumi Aksara Jakarta.

CS.T.Kansil dan Christine S.T.Kansil, 2011. System Pemerintahan Indonesia,(edisi revisi), Bumi Aksara Jakarta

Darma Kesuma,dkk.2011. Pendididkan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Hadisusanto,Dirto, Pengantar Ilmu Pendididkan, 1995:59

Kaelan. 2008. Pendidikan Pancasila.Yogyakarta ; Paradigma

Khan, Yahya D.2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi diri.Yogyakarta:Pelangi Publishing

Kahn, Yahya D2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.Yogyakarta: Pelangi Publishing

Koesoema,Doni. 2007. Pendidikan Karakter.Jakarta:Grasindo

Koesoema, Doni, 2012: Pendidikan Karakter Utuh dan MenyeluruhYogyakarta: Kanisius

Koesoma Doni. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta : Grasindo

Kesuma Darma. 2011. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktek Disekolah). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Megawangi,Ratna. 2004. Pendididkan karakter: Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta: star energy (kakap) ltd.susuhuran pakubuana IV, serat wulangreh (1968-1920).

Megawangi, Ratna,2004:95.Pendidikan Karakter. Solusi yang Tepat Untuk Membangun bangsa, Jakarta: Star enegy (kakap) ltd. Susuhuran Pakabuana IV Serat Wunlangerh (1968-1920)

Muslich, Masnur, 2011.Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta. PT Bumi Aksara

Ziarah Nurul, 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Presfektif Perubahan. Jakarta : Bumi Aksara.